Bagikan:

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita mobil milik Indira Chunda Thita yang merupakan anak dari eks Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo atau SYL.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri menyebut mobi Toyota Innova Venturer warna hitam itu ditemukan keberadaannya di wilayah Bandung, Jawa Barat.

"Penyidik, pada Kamis, 30 Mei, telah selesai menyita satu unit mobil Toyota Innova Venturer, beserta 1 buah kunci remote mobil," ujar Ali kepad wartawan, Jumat, 31 Mei.

Penyitaan mobil itu dilakukan karena diduga proses pembelian menggunakan identitas orang lain. Sehingga, patut diduga ada upaya menghilangkan data kepemilikan sebenarnya.

"Diduga pembeliannya menggunakan identitas pihak lain dan selanjutnya dimutasikan lagi kepemilikannya untuk menghilangkan jejak asli dari pemilik sebenarnya," sebutnya.

"Sesuai dengan Berita Acara Penyitaan, mobil ini di sita dari Indira Chunda Thita," sambung Ali.

Usai melakukan penyitaan, penyidik akan memeriksa saksi-saksi untuk mongonfirmasi kepemilikan mobil itu. Kemudian, menuangkannya pada bekas acara pemeriksaan (BAP) kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU) SYL.

"Segera akan dikonfirmasi pada saksi-saksi dan tersangka SYL untuk melengkapi berkas perkara penyidikan dugaan TPPUnya," kata Ali.