Bagikan:

SOLO - Wakil presiden (wapres) terpilih, Gibran Rakabuming Raka mengatakan, belum ada arahan dari ayahnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada relawan terkait Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

“Belum ada arahan yang spesifik ya ditunggu saja,” ujarnya saat ditanya mengenai hasil pertemuannya dengan Presiden Jokowi akhir pekan lalu di Yogyakarta.

Hal yang sama, lanjut Wali Kota Solo, juga berlaku untuk organisasi relawan Gibran kendati beberapa waktu lalu mereka telah melakukan konsolidasi di Kota Semarang, Jawa Tengah.

“Jujur saja ya, saya belum memberikan arahan dan instruksi apa pun kepada relawan. Masih lama juga, masih ada waktu. Baik pilgub maupun pilkada belum ada arahan apa pun,” ucapnya.

Gibran mengatakan, sampai saat ini ia maupun Jokowi belum menentukan akan memberikan dukungan kepada salah satu calon di Pilkada Jawa Tengah. Beberapa nama bakal calon gubernur (cagub) sudah mencuat, seperti Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah Sudaryono, Bupati Kendal Dito M Ganinduto, dan Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Lutfi.

“Soal calon (yang akan didukung) belum ada, belum ada. Wis pokok e (sudah pokoknya) ditunggu saja,” kata dia.

Meski belum menentukan arah dukungan kepada cagub tertentu, Gibran mengatakan saat ini pihaknya hanya berharap Pilkada 2024 bisa berjalan dengan aman dan tertib.

“Yang jelas sekali lagi saya ingin pilkada besok di November besok berjalan dengan aman dan tertib. Wis itu dulu yang penting,” pungkasnya.

Diketahui akhir pekan lalu sepuluh organisasi relawan yang tergabung dalam Presidium Relawan Gibran menggelar konsolidasi nasional di Kota Semarang, Minggu 26 Mei 2024.

Selain menjadi pertemuan pertama setelah Pilpres dan Pileg 2024, konsolidasi tersebut sekaligus untuk menjaga mesin relawan tetap panas menjelang Pilkada 2024 sesuai dengan arahan dari wapres terpilih, Gibran Rakabuming Raka.

“Memang belum ada arahan (spesifik), tetapi beberapa waktu lalu Mas Gibran mengatakan relawan harus memanasi mesin untuk Pilkada, sehingga kami menggelar konsolidasi,” ujar Pembina Presidium Relawan Gibran, Kuat Hermawan.