Usai Wakil Wali Kota Solo Dinyatakan Positif COVID-19, Gibran Lakukan <i>Swab Test</i>
Calon wali kota Solo di Pemilihan Wali Kota Solo 2020, Gibran Rakabuming Raka (Wardhany Tsa Tsia/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Calon wali kota Solo di Pemilihan Wali Kota Solo 2020, Gibran Rakabuming Raka akan menjalani swab test COVID-19. Tes ini dilakukan setelah Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo dinyatakan positif COVID-19 usai dirinya berpergian ke Jakarta untuk melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo, Kamis, 16 Juli.

Hal ini disampaikan Gibran saat akan menutup sambungan webinar yang diadakan oleh DPP PDI Perjuangan terkait calon kepala daerah muda dan dinasti politik.

"Saya mau melanjutkan pemeriksaan saya setelah rapid test, mau swab test sekalian ini. Saya sudah ditunggu dokter," kata dia sebelum menutup sambungan webinar tersebut, Jumat, 24 Juli.

Meski menyebut dirinya telah melaksanakan tes cepat atau rapid test, namun Gibran tak menjelaskan lebih jauh mengenai hasil tes tersebut.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan swab test lebih cepat daripada biasanya. Hal ini dilakukan setelah Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo terkonfirmasi positif COVID-19 setelah menjalani dua kali test swab usai melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo, Kamis, 16 Juli lalu. 

"Presiden dan seluruh perangkat akan segera mempercepat jadwal swab test. Jadwal Bapak Presiden memang hari ini tes kesehatan rutin," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono ketika dihubungi wartawan, Jumat, 24 Juli.

Namun, dia tetap yakin Presiden dan jajarannya serta staf di Istana Kepresidenan tetap aman dari COVID-19. Apalagi, hasil test swab miliknya negatif.

"Saya yakin dan semoga istana tetap steril. Contoh saja, saya baru kemarin swab dan hasilnya negatif dan saya sering dan setiap hari berinteraksi dengan Bapak Presiden," ungkapnya.

Diketahui, hasil positif diterima Achmad Purnomo setelah dia menjalani test swab pada Jumat, 17 Juli setelah dirinya bertemu Presiden Jokowi. 

Sehari setelahnya, Sabtu, 18 Juli, dia kembali menjalankan test swab atas arahan Dinas Kesehatan Kota Surakarta. Usai menjalani dua kali tes, dia kemudian dinyatakan positif COVID-19.

Sebelumnya, Purnomo bertemu Presiden Jokowi pada Kamis, 16 Juli di Istana Negara, Jakarta. Pertemuan ini dilakukan sebelum PDI Perjuangan memberikan rekomendasi kepada anak sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka untuk maju di Pilwalkot Solo 2020.