Bagikan:

OKU - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, segera memperbaiki talut di Desa Karang Lantang, Kecamatan Muara Jaya yang jebol akibat diterjang banjir beberapa waktu lalu.

Penjabat Bupati OKU Teddy Meilwansyah mengatakan, bencana banjir yang terjadi di wilayahnya pada Selasa pekan lalu tidak hanya merendam belasan ribu rumah penduduk, namun juga merusak sejumlah fasilitas umum termasuk talut di desa setempat.

"Hari ini kami meninjau lokasi untuk memastikan kondisi talut agar dapat dilakukan langkah perbaikan," katanya di Baturaja, Antara, Senin, 20 Mei. 

Menurut dia, kondisi talut tersebut saat ini cukup parah setelah dihantam banjir akibat luapan air Sungai Ogan. Untuk itu, ia telah menginstruksikan Dinas PUPR OKU agar segera melakukan perbaikan sehingga pulau yang ada di Desa Karang Lantang tersebut tidak habis tergerus air sungai.

"Saya tadi sudah meminta pihak Dinas PUPR untuk melihat dan mensurvei berapa anggaran yang diperlukan sehingga tahun ini akan kami bangun talut yang baru," tegasnya.

 

Menurut Teddy, keberadaan talut tersebut sangat diperlukan selain untuk menahan air juga bisa digunakan masyarakat setempat sebagai tempat wisata alam.

"Pembangunan talut yang baru diupayakan segera dibangun secepatnya, sekaligus sebagai tempat wisata bagi masyarakat sekitarnya," ujarnya.