Bagikan:

JAKARTA - Ali Bagheri Kani, Wakil Menteri Luar Negeri Iran yang juga memimpin delegasi Iran melalui negosiasi tidak langsung dengan Amerika Serikat mengenai masalah nuklir dan pertukaran tahanan, ditunjuk sebagai penjabat menteri luar negeri setelah kematian Hossein Amir-Abdollahian, kantor berita negara IRNA melaporkan.

Dilansir CNN, Senin, 20 Mei, Amir-Abdollahian termasuk di antara sembilan orang yang tewas dalam kecelakaan helikopter di wilayah pegunungan terpencil di barat laut Iran pada Minggu, 19 Mei bersama dengan Presiden Iran Ebrahim Raisi.

“Menyusul kemartiran Hussein Amir Abdollahian, Menteri Luar Negeri negara kita, dengan persetujuan Dewan Kabinet, Ali Bagheri, Wakil Menteri Luar Negeri, ditunjuk sebagai penjabat menteri di kementerian tersebut,” demikian dikutip dari IRNA.

 

Sebelumnya pemerintah Iran menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Presiden Ebrahim Raisi, Menteri Luar Negeri Hossein Amir-Abdollahian dan tujuh orang lainnya dalam kecelakaan helikopter di Azerbaijan Timur, Iran.

Dalam pernyataan pada Senin, 20 Mei, kabinet presiden memuji Raisi sebagai presiden yang “pekerja keras dan tak kenal lelah” yang melayani rakyat Iran untuk membantu kemajuan negara tersebut.

“[Dia] menepati janjinya dan mengorbankan hidupnya demi bangsa,” kata pernyataan itu dikutip CNN.

Kabinet juga menegaskan kembali "tidak akan ada gangguan sedikit pun" dalam pemerintahan Iran setelah kecelakaan mematikan tersebut.