Bagikan:

DENPASAR - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan sebanyak delapan kepala negara akan menghadiri kegiatan World Water Forum (WWF) Ke-10 yang diselenggarakan di Bali, 18-25 Mei 2024.

Menteri Basuki menyebut kepala negara yang hadir di antaranya Indonesia, Timor Leste, Fiji, Tajikistan, Srilanka, Hungaria dan Maroko.

"Selain itu ada tiga deputy prime minister atau deputi-nya perdana menteri yaitu Malaysia, Papua Nugini, Slokavia dan tiga utusan khusus presiden dari Belanda, Perancis dan Uni Emirat Arab," kata dia, Kamis, 16 Mei. 

Ia mengungkapkan, sebanyak 105 menteri juga dijadwalkan akan menghadiri World Water Forum Bali dari 132 negara dan organisasi internasional.

"Untuk pesertanya, kalau yang mendaftar sampai dengan sore ini 13.000 peserta. Tapi itu yang mendaftar resmi, belum yang tidak mendaftar seperti istri, keluarganya, anak buah, yang hadir pun belum terdaftar. Sekarang akan kami hitung persis karena akan berpengaruh pada logistiknya, yang mendaftar ini pasti akan bergerak terus sampai hari Minggu," ungkap dia.

Menteri Basuki Hadimuljono menjelaskan sejumlah kegiatan direncanakan diselenggarakan pada rangkaian World Water Forum Bali diantaranya Balinese Water Purification Ceremony yang diselenggarakan di kawasan Kura-Kura Bali pada 18 Mei.

Selanjutnya pada Senin (20/5) akan diselenggarakan seremonial pembukaan di kawasan BICC Nusa Dua yang dilanjutkan dengan High Level Meeting yang akan dipimpin Presiden Joko Widodo.

Selain itu, pada sore harinya rangkaian World Water Forum akan dilanjutkan dengan Bali Art Carnival serta kegiatan Gala Dinner di Garuda Wisnu Kencana.

Hingga saat ini berbagai persiapan untuk penyelenggaraan forum air terbesar di dunia itu sudah tuntas dilaksanakan.

"Saya kira sudah clear semua, ini rapat terakhir koordinasi, besok ada tactical floor game (TFG) terkait pengamanan, jadi semua sudah ready termasuk acara-acara semua," kata Menteri Basuki Hadimuljono.