Bagikan:

YOGYAKARTA - Hari Keamanan Pangan Dunia atau World Food Safety Day (WFSD) diperingati setiap tanggal 7 Juni. Keamanan pangan memiliki peranan penting dalam menjaga kesejahtaraan manusia. Oleh karena ketersediaan dan kualitas pangan perlu mendapat perhatian. 

Peran ketahanan pangan dan penghilangan kelaparan skala internasional diemban oleh Badan Pangan Dunia atau Food and Agriculture Organization (FAO). Organisasi ini dibentuk dibawah payung Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). 

Melihat perkembangan kondisi pangan dunia, ada laporan yang cukup mengejutkan dan menjadi sorotan. Badan Pangan Dunia melaporkan adanya ‘warning’ mengenai ketersediaan bahan pokok. Sebagai organisasi yang menangani persoalan pangan, lantas apa tugas dan tujuan Badan Pangan Dunia?

Tugas dan Tujuan Badan Pangan Dunia

Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia atau Food and Argiculture Organization (FAO) adalah organisasi multinasional yang dibentuk sejak tahun 1945 di Quebec, Kanada. Orgaisasi dibawah naungan PBB ini sempat berpindah-pindah kantor dan kini bermarkas di Roma, Italia. 

FAO didirikan untuk meningkatkan tingkat nutrisi dan taraf hidup manusia di seluruh dunia. Selain itu, organisasi ini juga punya fungsi untuk menaikkan produktivitas pemasaran hingga distribusi produk pangan dan pertanian. FAO juga turut mempromosikan pembangunan desa dan melenyapkan kelaparan. 

Kontribusi FAO secara internasinal adalah untuk mengatasi kelaparan dan mendorong kinerj ekonomi lokal. FAO membantu negara-negara anggotanya supaya ikut dalam modernisasi dan meningkatkan praktik pertanian, perikanan, dan perhutanan. 

Upaya yang dilakukan FAO merupakan misi bersama-sama dalam mencapai ketahanan pangan dan menyetarakan taraf hidup dengan menghilangkan kelaparan. Berikut ini beberapa aktivitas dan tugas Badan Pangan Dunia yang perlu Anda tahu:

  • Membantu menghilangkan kelaparan, kerawanan pangan dan malnutrisi.
  • Menjadikan pertanian, kehutanan dan perikanan lebih produktif dan berkelanjutan.
  • Mengurangi kemiskinan pedesaan.
  • Mengaktifkan sistem pertanian dan pangan yang inklusi dan efisien.
  • Meningkatkan ketahanan mata pencaharian terhadap ancaman krisis.
  • FAO juga bekerja untuk mempromosikan kemitraan publik swasta, mendongkrak pertanian di kalangan petani kecil, dan mengembangkan mekanisme guna memantau dan memperingatkan bahaya pada rantai makanan. Sumber dana FAO berasa dari negara-negara industri, bank pembangunan, serta sokongan pihak lainnya. 

Departemen dalam Badan Pangan Dunia

Di dalam organisasi Badan Panagn Dunia, terdapat tujuh departemen dengan fungsi dan tugasnya masing-masing. Berikut ini beberapa departemen dalam FAO yang perlu Anda tahu:

Departemen Pertanian dan Perlindungan Konsumen

Departemen Pertanian dan Perlindungan Konsumen di FAO bertugas mempromosikan pertanian untuk mengatasi kemiskinan dan melindungi lingkungan, serta memastikan praktik dan standar makanan yang aman.

Departemen Iklim Keanekaragaman Hayati, Tanah dan Air

Departemen Iklim, Keanekaragaman Hayati, Tanah, dan Air bertanggung jawab mempromosikan praktik pengelolaan berkelanjutan untuk tanah, energi, air, keanekaragaman hayati, dan sumber daya genetik.

Departemen Layanan Korporat

Departemen Layanan Korporat mendukung seluruh organisasi FAO.

Departemen Pembangunan Ekonomis dan Sosial

Departemen Pembangunan Ekonomi dan Sosial adalah departemen yang mendorong pembangunan ekonomi melalui produksi dan perdagangan dalam negeri.

Departemen Perikanan dan Budidaya

Departemen Perikanan dan Budidaya mempromosikan pengelolaan budidaya dan penangkapan ikan.

Departemen Kehutanan

Departemen Kehutanan mendukung pengelolaan sumber daya alam melalui kehutanan.

Departemen Kerjasama Teknis dan Manajemen Program

Departemen Kerjasama Teknis dan Manajemen Program membantu negara-negara anggota dalam menjalankan program mereka serta merespons ancaman dan krisis terkait pangan dan pertanian.

Demikianlah ulasan mengenai tugas dan tujuan Badan Pangan Dunia yang penting untuk dipahami. FAO bertugas dalam menajaga dan meningkatkan ketersediaan pangan serta menaikkan taraf hidup masyarakat. Baca juga ide bisnis pertanian modal kecil yang bisa Anda jalankan. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.