Bagikan:

JAKARTA - Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan suara akar rumput di partainya bakal jadi perhatian. Masukan anak ranting hingga dewan perwakilan cabang (DPC) untuk menyikapi pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nantinya akan didengar dalam rapat kerja nasional (rakernas).

“Kami belum memutuskan hal itu karena menyangkut hal yang sangat strategis kami mendengarkan bagaimana anak ranting, ranting, PAC, DPC, masukan arus bawah karena PDI Perjuangan adalah partai yang dibangun dari kekuatan arus bawah,” kata Hasto kepada wartawan di Galeri Nasional, Jakarta Pusat, Senin, 13 Mei.

Selain itu, Hasto bilang rakernas nanti juga akan membahas berbagai isu strategis. “Terkait dengan evaluasi, pelaksanaan pemilu tahun 2024, konsolidasi partai dalam rangka pilkada serenta dan juga persiapan kongres yang akan datang,” tegasnya.

Soal pangan nanti juga akan dibahas dalam agenda partai tersebut. Katanya, isu ini menjadi masalah yang penting untuk dilakukan pembahasan lebih lanjut.

“Dan persoalan yang sangat penting menyangkut kehidupan kita, masalah pangan. Karena terbukti pangan ini terus menerus mengalami kenaikan (harga, red). Jangan sampai akibat global warming, akibat persoalan geopolitik, iklim (membuat, red) Indonesia tidak terdepan di dalam memelopori kedaulatan di bidang pangan itu,” ujar eks Anggota DPR RI tersebut.

“Sehingga masalah pangan juga merupakan hal yang sangat strategis untuk dibahas di dalam rakernas,” sambungnya.

Lebih lanjut, Hasto bilang Rakernas nanti akan menggelorakan beberapa simbol strategis. Harapannya api perjuangan bisa menggelora di tengah kader.

“Rakernas juga akan menggelorakan suatu api perjuangan, karena itulah nanti akan ada beberapa simbol-simbol strategis bagaimana api perjuangan yang menyatu dengan kekuatan rakyat itu ditampilkan di dalam seluruh acara rakernas yang ke-lima,” pungkasnya.