Sebanyak 75 Personel Dikerahkan untuk Padamkan Kebakaran di Penjaringan
Petugas berupaya memadamkan api yang membakar bangunan di kawasan Penjaringan, Jakarta Utara, pada Jumat (10/5/2024). (Antara/HO-Tangkapan layar)

Bagikan:

JAKARTA - Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu mengerahkan 75 personel untuk memadamkan api yang membakar bangunan di Jalan Pluit Dalam Penjaringan pada Jumat.

"Total ada 15 unit kendaraan yang diturunkan bersama 75 personel petugas pemadam kebakaran," kata Kepala Seksi Operasi (Kasi Ops) Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, Abdul Wahid di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut.."Alhamdulillah tidak ada korban jiwa," kata dia.

Ia mengatakan kejadian ini berawal dari karyawan yang melihat percikan api di lantai rumah toko (ruko) yang ada di lokasi.

Dugaan awal kebakaran terjadi akibat arus pendek listrik (korsleting) di salah satu lantai bangunan tersebut. Pihaknya menerima informasi kebakaran itu dari warga yang datang ke Pos Gulkarmat di Penjaringan.

Petugas mendapatkan informasi adanya kebakaran sebuah ruko permanen tiga lantai sekitar pukul 12.35 WIB di Jalan Pluit Dalam 3 Penjaringan, Jakarta Utara.

Petugas langsung tiba di lokasi pukul 12.40 WIB dan mulai melakukan pemadaman hingga proses pendinginan membutuhkan waktu hampir satu jam.

"Sekitar pukul 13.10 WIB api sudah dilokalisir dan kami lakukan pendinginan pukul 13.14 WIB," kata dia dikutip Antara.

Ia mengatakan luas wilayah yang terbakar mencapai 90 meter persegi atau 5x18 meter persegi (m2). "Api sudah dapat dipadamkan oleh petugas," kata dia.

Ia mengimbau seluruh masyarakat agar waspada dan lebih berhati-hati terhadap potensi yang menjadi penyebab kebakaran, mulai dari instalasi listrik, kompor yang ditinggalkan dan lainnya agar tidak terjadi kebakaran.