Bagikan:

JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) menggelar Bimtek dan Rakornas Pilkada hari ini dengan mengundang seluruh anggota legislatif dan calon kepala daerah. Acara ini bertujuan untuk mengkonsolidasikan dan mensinergikan semua kekuatan politik yang ada dalam  memenangkan Pilkada 2024 nanti.

Ketua DPP PAN Saleh Partaonan Daulay, mengungkapkan ada hal menarik di Rakornas kali ini. Bukan hanya Pilkada, kata dia, para kader juga ramai membicarakan calon-calon menteri dari PAN. Salah satunya mendorong nama Waketum PAN yang juga Wakil Ketua MPR, Yandri Susanto. 

 "Sangat wajar jika dalam perhelatan rakornas ini, kader-kader PAN dari berbagai daerah mendorong mas Yandri untuk menjadi salah seorang menteri dari PAN," ujar Saleh, Kamis, 9 Mei. 

Secara pribadi, Saleh mengaku sudah mengenal Yandri sejak puluhan tahun lalu. Di mana keduanya sama-sama beraktivitas di organisasi kepemudaan. 

"Saya Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah dan mas Yandri Ketua Umum BM PAN. Saya tahu banyak karya mas Yandri yang cukup berhasil, tidak hanya di PAN tetapi juga di luar partai. Dia pekerja keras, ulet, tangguh, pantang menyerah, bersahabat, ramah, dan memiliki jaringan yang cukup luas," ungkapnya. 

Sedangkan di PAN sendiri, lanjut Saleh, Yandri kerap diberi amanah melaksanakan tugas-tugas penting dan strategis. Seperti pada saat pemilu, Yandri ditugaskan sebagai ketua KPPN (komite pemenangan pemilu nasional). 

"Dia juga adalah komandan Charlie (penggalangan) di TKN Prabowo-Gibran. Selain itu, dia selalu terlibat aktif dalam setiap agenda partai. Tidak heran jika dia mengenal semua pengurus PAN di Indonesia," kata Saleh. 

Menurutnya, Yandri adalah politikus yang mudah mengenal kader dan memiliki ingatan yang kuat. "Tidak hanya namanya, asal daerah dan kampungnya pun diingat. Wajar kalau seluruh pengurus di daerah senang pada mas Yandri," ucapnya. 

"Di Parlemen juga begitu. Mas Yandri pernah menjadi pimpinan pansus, sekretaris Fraksi, Ketua Komisi 8, dan bahkan sekarang wakil ketua MPR RI. Kalau dari sisi pengalaman, sudah sangat baik dan matang," sambung Saleh. 

Karena itu, tambah Saleh, semua kader meyakini bahwa Yandri akan mampu menorehkan prestasi di kabinet. Dari sisi pengalaman, jejak dan karir politiknya,  Yandri diyakini akan banyak membantu tugas-tugas Prabowo-Gibran.

"Ternyata, kader-kader dari daerah memiliki perhatian dan harapan besar. Mereka ingin agar Prabowo berhasil dengan dukungan salah seorang kader terbaiknya, yaitu mas Yandri. Tentu semua nanti dikembalikan kepada Prabowo sebagai presiden terpilih," pungkasnya.