PM Israel Netanyahu Bertemu Direktur CIA Bahas Gencatan Senjata hingga Negosiasi Pembebasan Sandera
PM Israel Benjamin Netanyahu/FOTO via Instagram @b.netanyahu

Bagikan:

JAKARTA - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dilaporkan bertemu dengan Direktur CIA Bill Burns untuk membahas gencatan senjata dan negosiasi penyanderaan, kata seorang pejabat Israel.

Kabinet perang Israel akan bersidang pada pukul 19.30, Rabu, 8 Mei, waktu setempat untuk membahas negosiasi tersebut, sebagaimana dilansir dari CNN.

Amerika Serikat (AS) sebelumnya yakin perbedaan pendapat yang masih ada antara Israel dan Hamas dapat dijembatani melalui perundingan mengenai proposal gencatan senjata terbaru, saat perundingan dilanjutkan di Kairo, Mesir Hari Rabu.

Di Kairo, kelima delegasi yang berpartisipasi dalam perundingan gencatan senjata pada Hari Selasa – Hamas, Israel, AS, Mesir dan Qatar – bereaksi positif terhadap dimulainya kembali perundingan, dan pertemuan diperkirakan akan dilanjutkan pada Rabu pagi waktu setempat, kata dua sumber Mesir, melansir Reuters 8 Mei.

 

Juru bicara Gedung Putih John Kirby mengatakan Hamas mengajukan proposal yang direvisi, dan teks baru tersebut menunjukkan kesenjangan yang masih dapat "sepenuhnya ditutup" meski menolak untuk merincinya.

Israel pada Senin, 6 Mei menyatakan proposal tiga fase yang disetujui oleh Hamas tidak dapat diterima, karena persyaratannya telah diperlunak. Malamnya, Israel Defense Forces (IDF) meluncurkan operasi kontraterorisme di Rafah.