Bagikan:

JAKARTA - Erin Patterson, 49, didakwa melakukan percobaan pembunuhan berencana. Ia diduga mencoba meracuni sepasang orang tua eks suami dengan menyajikan jamur beracun dalam menu santap makan siang.

Patterson saat ini ditahan di penjara wanita di Melbourne, Australia. Sedangkan berkas perkara ini telah disusun segera dibawa ke Mahkamah Agung (MA) pada Selasa 7 Mei waktu setempat.

Mengutip Reuters, kejadian ini bermula saat Erin dan sepasang orang tua eks suaminya, Don dan Gail Patterson makan siang bareng. Menu dalam makan bersama itu disajikan Erin, termasuk jamur beracun.

Don dan Gail usai makan siang jatuh sakit. Keduanya kemudian meninggal setelah makan siang yang diadakan di kota kecil pedesaan Leongatha, sekitar 135 km tenggara Melbourne, pada Juli 2023.

Namun, Simon Patterson, eks suami Erin yang juga ikut makan siang bersama tidak mengalami sakit dan dapat beraktivitas seperti biasa.

Simon diketahui memiliki catatan kriminal. Berdasarkan data pengadilan, Simon pernah ditetapkan sebagai tersangka dalam empat kasus percobaan pembunuhan, termasuk tiga insiden terpisah pada tahun 2021 dan 2022.

Di satu sisi, kematian akibat menyantap jamur sangat jarang terjadi di Australia. Itu karena otoritas kesehatan setempat terus memberi peringatan meluas dan mengingatkan berhati-hati dalam memilih bahan makanan.