Fungsinya Penyaring Saluran, 7 Bak Kontrol Air di Kepulauan Seribu Utara Rampung Diperbaiki
Petugas SDA Kepulauan Seribu merampungkan perbaikan tujuh unit bak kontrol air di Pulau Pramuka, Senin (29/4/2024).ANTARA/HO- Pemkab Kepulauan Seribu

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu merampungkan perbaikan tujuh unit bak kontrol air di Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Provinsi DKI Jakarta.

"Total yang diperbaiki ada tujuh bak kontrol air dan saat ini di Pulau Pramuka sudah terpasang lebih dari 70 bak kontrol air yang berfungsi sebagai penyaring endapan saluran dan penampungan air hujan," kata Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Kepulauan Seribu, Hendri di Jakarta, Senin 29 April, disitat Antara.

Ia mengatakan perbaikan tersebut telah dikerjakan sejak 23 hingga 27 April 2024.

Pengerjaan itu meliputi pengelasan rangka dan pergantian tutup bak kontrol sebagai salah satu upaya penataan wilayah agar terlihat tertata dan rapi.

Ia mengatakan perbaikan bak kontrol itu melibatkan 10 personel yang dikerjakan secara manual dan bak kontrol air yang diperbaiki ini memiliki diameter bak 40×40 dan kedalaman 50 sentimeter.

Bak tersebut, lanjut dia, saling terhubung dengan dengan bak lainnya yang menggunakan pipa paralon pvc enam inci.

"Setelah diperbaiki, saya harap warga ikut menjaga dan merawat bak kontrol maupun saluran. Agar lingkungan tersebut tidak mudah terjadi genangan," kata dia.

Hendri tak merinci berapa anggaran yang disiapkan untuk perbaikan tujuh unit bak kontrol air tersebut.

Ketua RW 05 Pulau Pramuka Sairan mengatakan, petugas telah merampungkan perbaikan bak kontrol di wilayahnya.

Sebelum diperbaiki, air pada bak kontrol itu sering meluap karena pelat atau tutupnya yang rusak.

"Saat ini sudah lebih bersih, jalanan pun terlihat lebih tertata. Mudah-mudah tidak ada genangan kembali dan aliran air pada saluran juga dapat kembali normal," kata dia.