Bagikan:

JAKARTA - Capres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo mengatakan siap mendengarkan putusan Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sidang sengketa hasil Pilpres 2024. Apapun hasilnya, dia bersama Mahfud MD yang merupakan cawapresnya bakal menerima.

“Saya dengan Pak Mahfud orang yang sangat taat pada konstitusi, apapun pasti akan kita ikuti,” kata Ganjar kepada wartawan di Lobby Hotel Mandarin Oriental, Jakarta Pusat, Senin, 22 April.

Ganjar meyakini tim hukumnya sudah memberikan bukti terbaik adanya dugaan pelanggaran dalam pesta demokrasi lalu. Sehingga, ia dan Mahfud MD tinggal menunggu ketuk hakim palu.

“Tugas kita hari ini adalah datang untuk mendengarkan keputusannya,” tegas eks Gubernur Jawa Tengah itu.

Sementara itu, Todung Mulya Lubis yang merupakan Ketua Tim Hukum Ganjar-Mahfud mengatakan putusan hakim menjadi sesuatu yang layak ditunggu. “Kita punya optimisme untuk mendengarkan putusan yang progresif,” ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, MK menggelar sidang pembacaan putusan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pilpres 2024 pada Senin, 22 April. Pembacaan bakal dilaksanakan pukul 09.00 WIB.

"Ada dua putusan. Digabung di ruang sidang yang sama dalam satu majelis yang sama," kata Kepala Biro Hukum dan Administrasi Kepaniteraan MK Fajar Laksono kepada wartawan, Jumat, 19 April.

Putusan ini dibacakan terpisah sesuai nomor registrasi perkara yang diajukan kubu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. MK memastikan sudah mengirimkan surat berisi jadwal yang sudah ditentukan ke masing-masing kubu serta pihak KPU selaku termohon, Prabowo-Gibran dan kuasa hukumnya, beserta Bawaslu selaku pihak terkait.