Ganjar Bakal Hadiri Sidang Pembacaan Putusan Sengketa Pilpres 2024 di MK
Gedung MK/DOK FOTO: Diah Ayu-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Capres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo mengatakan bakal hadir di Mahkamah Konstitusi (MK) saat pembacaan putusan sengketa hasil Pilpres 2024 pada Senin, 22 April mendatang.

Kepastian ini disampaikan Ganjar usai bertemu Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri pada hari ini, Selasa, 16 April. Katanya, jika tak ada halangan eks Gubernur Jawa Tengah ini akan mendengar langsung putusan dibacakan majelis hakim.

“Insyaallah saya hadir,” kata Ganjar kepada wartawan di kediaman Megawati, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat.

Ganjar bilang banyak pihak yang memberikan perhatian pada MK saat ini, termasuk Megawati melalui amicus curiae yang telah diserahkan Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto. Harusnya, tulisan ini bisa menjadi dorongan bagi para majelis hakim.

“Saya kira ini momentum yang luar biasa bagi MK untuk tidak membuat April Mop tetapi memperingati apa yang pernah dilakukan oleh seorang Kartini, habis gelap terbitlah terang,” tegasnya.

“Dari kondisi MK yang selama ini menjadi cacian, makian, ya, stempel-stempel yang kurang baik dengan putusan MKMK, rasanya inilah momentuk untuk mengembalikan muruah MK,” sambung kader PDIP itu.

Diberitakan sebelumnya, kubu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD mengajukan gugatan hasil Pilpres 2024 yang memenangkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Pembacaan putusan ini dilaksanakan pada 22 April mendatang.

Adapun majelis hakim sudah mendengar keterangan dari para saksi. Termasuk, empat menteri dari Kabinet Indonesia Maju yakni Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini.