Arus Balik Meningkat, Contraflow Diberlakukan dari KM 70-KM 47 Tol Cikampek Arah Jakarta
FOTO ARSIP/Gerbang Tol Cikampek Utama menuju arah Tol Cipali di Karawang, Jawa Barat, Jumat (5/4/2024). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/nym/aa.

Bagikan:

JAKARTA - Korlantas Polri memutuskan memberlakukan sistem contraflow di KM70-KM47 Tol Cikampek arah Jakarta malam ini.

Korlantas menginformasikan, kebijakan contraflow arus balik ke arah Jakarta diberlakukan mulai pukul 19.30 WIB, Jumat, 12 April.

Sementara itu, arus balik yang melintas di Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, belum naik signifikan hingga sore hari.

"Hari ini tercatat ada 22.019 kendaraan yang masuk dari Semarang menuju Jakarta sejak pukul 06.00 WIB," kata Kepala Pos Terpadu Gerbang Tol (GT) Kalilkangkung AKP Sujid R.

Rata-rata kendaraan bermotor yang melakukan arus balik dari Jawa Tengah ke arah Jakarta sebanyak 1.500 hingga 2.300 kendaraan per jam. "Untuk kendaraan yang melintas didominasi oleh kendaraan pribadi," kata dia.

Sujid mengatakan saat ini seluruh pintu tol di  lokasi tersebut dibuka. Ada enam pintu dari arah Jakarta ke Semarang dan enam pintu untuk arah Semarang ke Jakarta serta ditambah empat pintu satelit.

"Memang jumlahnya belum naik signifikan," kata dia.

Ia mengatakan jumlah kendaraan ini membuat Kepolisian belum memberlakukan satu arah (one way) dan masih menunggu arahan dari pusat.