Bagikan:

JAKARTA - Pada hari kedua Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah, Kamis 11 April, Monumen Nasional (Monas) menjadi tujuan wisata favorit di Jakarta, dengan ribuan warga yang mengunjunginya.

"Sebanyak 5.616 orang telah mengunjungi Monas pada Kamis pagi," ungkap Kepala Unit Pengelola Kawasan (UPK) Monas, Muhammad Isa Sarnuri, saat dihubungi di Jakarta.

Dari jumlah tersebut, terdapat 4.539 orang dewasa, 1.053 anak-anak, dan 24 wisatawan mancanegara yang berasal dari Australia, Brasil, Jerman, Korea, dan Italia.

Isa menambahkan bahwa pada Kamis malam, pengunjung juga dapat menikmati pertunjukan video mapping dan air mancur di sisi barat Monas.

Dengan adanya berbagai pilihan hiburan, diharapkan pengunjung dapat betah berlama-lama di kawasan Monas. Tidak ada batasan jumlah pengunjung untuk area puncak Monas, dan kawasan tersebut akan dibuka hingga pukul 18.00 WIB. Namun, untuk pelataran cawan dan museum, terdapat batasan kuota sebanyak 1.800 pengunjung.

Pada tanggal 13 April 2024, mulai pukul 16.00 WIB, pengelola Monas akan mengadakan acara hiburan di sisi selatan Monas. Acara ini akan menampilkan sejumlah seniman, termasuk penyanyi Candil, Lobow, Band Om Om, Renaga Tahier, Om Manraga Palawa Labdawara Rembe (OMPLR), serta sanggar Margasari dan Fico. Acara ini akan berlangsung hingga pukul 23.00 WIB.

Masyarakat yang ingin berkunjung ke Monas selama libur Lebaran dapat menggunakan akses pintu barat daya, IRTI, pintu tenggara (Gambir), atau pintu timur laut.

Isa memperkirakan jumlah pengunjung Monas dapat mencapai 20 ribu hingga 40 ribu karena telah memasuki musim libur Lebaran.