Bagikan:

JAKARTA - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan mengungkap sebelum terjadinya kecelakaan di kilometer 370 Tol Semarang-Batang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Kamis 11 April bus Rosalia Indah sempat mengalami pergantian kendaraaan.

Hal ini diungkap Aan setelah mendapat keterangan dari sopir bus, Jalur Widodo.

"Dari keterangan pengemudi, bus sempat bermasalah dan diganti di kilometer 227 ruas Tol Pejagan-Palimaman. Kendaraannya berganti, tetapi pengemudinya tidak," kata Aan saat konferensi pers di RS Islam Kendal.

Dugaan awal, kecelakaan yang menewaskan tujuh orang, termasuk kondektur bus yang sempat terjepit itu terjadi karena sopir bus mengantuk.

"Dari keterangan sopir bus, dia sudah lelah. Mungkin disebabkan oleh microsleep. Akibatnya, terjadi kecelakaan tunggal," ujarnya.

Bus tersebut membawa penumpang dari Bekasi dengan tujuan Jawa Timur. Saat mencapai lokasi kejadian di kilometer 370, bus tersebut keluar jalur dan masuk ke parit sejauh 200 meter di sisi kiri jalan. Kecelakaan terjadi sekitar pukul 06.30 WIB.

Data dari kepolisian, dari 34 penumpang (termasuk sopir dan kondektur), tujuh orang meninggal dunia. Sementara 15 orang mengalami luka-luka, dan sisanya (12 penumpang) selamat.