Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) minta jajarannya membereskan masalah yang muncul terkait pelaksanaan mudik Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah. Upaya ini harus dilakukan untuk mencegah terjadinya peningkatan angka kecelakaan.

"Manajemen yang baik diteruskan. Manajemen yang sudah baik diteruskan yang ada masalah kecil-kecil diselesaikan," kata Jokowi kepada wartawan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin, 8 April.

Jokowi mengingatkan jajarannya untuk melakukan perencanaan dengan baik. Harapannya angka kecelakaan nantinya bisa ditekan.

Meski begitu, Jokowi menyebut pelaksanaan arus mudik tahun ini sudah lebih baik dari tahun sebelumnya. Pernyataan ini disampaikan dengan melihat fakta di lapangan.

"Saya kira tahun ini jauh lebih bagus, jauh lebih bagus. Saya tidak melihat ada antrean yang sangat terlalu panjang di airport, atau stasiun, terminal yang begitu ramai dan berdesakan. Saya lihat tidak ada," tegasnya.

Meski begitu, Jokowi menyoroti kemacetan yang dialami pemudik yang berangkat ke kampung halaman melalui Pelabuhan Merak. Ia sudah minta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan jajarannya mencari solusi.

"Saya melihat secara umum, sedikit yang perlu penanganan lebih fokus di Merak. Merak utamanya yang berkaitan dengan (pemudik, red) yang naik sepeda motor," ujarnya.

 

"Tadi sudah minta penjelasan Pak Menhub, semuanya sudah dicarikan solusi," pungkas eks Gubernur DKI Jakarta tersebut.