Dilantik Jokowi, Marsdya Tonny Harjono Resmi Jabat KSAU Gantikan Marsekal Fadjar Prasetyo
Presiden Jokowi resmi melantik Marsdya Mohammad Tonny Harjono sebagai KSAU Jumat, 5 April.

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Marsekal Madya (Marsdya) Mohammad Tonny Harjono sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) pada hari ini, Jumat, 5 April. Kegiatan dilakukan di Istana Negara, Jakarta.

Dari pantauan YouTube Sekretariat Presiden, pelantikan Tonny dihadiri sejumlah menteri seperti Wakil Presiden Ma’ruf Amin hingga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Surat Keputusan Presiden Nomor 20/TNI/2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Udara lebih dulu dibacakan oleh Sekretaris Militer Presiden.

“Memutuskan, menetapkan dan seterusnya kesatu, memberhentikan dengan hormat Marsekal TNI Fajar Prasetyo … dari jabatan Kepala Staf Angkatan Udara disertai ucapan terima kasih atas pengabdian dan jasa-jasanya yang disumbangkan kepada bangsa dan negara Indonesia selama memangku jabatan tersebut,” demikian surat keputusan itu dibacakan.

“Kedua mengangkat Marsekal Madya TNI Mohammad Tonny Harjono … sebagai Kepala Staf Angkatan Udara,” sambungnya.

Setelah Keppres dibacakan Presiden Jokowi kemudian memimpin pengambilan sumpah yang diawali dengan penyematan tanda jabatan. Tonny didampingi rohaniwan ketika itu.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Tonny mengikuti sumpah jabatan yang dibacakan Jokowi.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas dan jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab,” sambungnya.

“Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit.”

Selanjutnya, tanda tangan berita acara pengangkatan dilakukan dengan disaksikan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Setelah dilantik sebagai KSAU, Tonny mendapatkan kenaikan pangkat sebagai Marsekal sesuai Keputusan Presiden Nomor 26/TNI/2024.

Diberitakan sebelumnya, Tonny pernah menjabat sebagai Sekretaris Militer Presiden pada tahun 2020 atau di masa pemerintahan Presiden Jokowi. Dia juga menduduki posisi terakhir sebagai Pangkogabwilhan II sebelum menjadi KSAU.