AP II Operasikan East Flyover Antisipasi Lonjakan Kendaraan
Sejumlah pengendara saat melintasi jalan pembangunan Little Semanggi atau East Flyover, Bandara Soetta, Tangerang, Banten. (Azmi)

Bagikan:

JAKARTA - PT Angkasa Pura (AP) II Persero akan segera mengoperasikan jembatan Little Semanggi atau East Flyover yang ada di kawasan Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Banten sebagai mengantisipasi lonjakan arus mudik Lebaran 2024.

Executive General Manager PT Angkasa Pura II KCU Bandara Soetta, Dwi Ananda Wicaksana mengatakan saat ini pihaknya tengah mempercepat proses pembangunan jembatan Little Semanggi atau East Flyover tersebut.

Agar jalan yang menghubungkan antara Perimeter Selatan dengan Perimeter Utara itu bisa digunakan saat arus mudik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Ahamdulillah dalam akhir bulan ini kami sedang mengebut penyelesaian aksesibilitas yang kami sebut east flyover," katanya dikutip ANTARA, Jumat, 29 Maret.

Ia menyebutkan,  bersama sejumlah pihak terkait telah melakukan uji coba pengoperasian east flyover tersebut pada akhir pekan lalu.

Sebab, East Flyover Bandara Soetta tersebut direncanakan akan beroperasi atau mulai aktif dibuka untuk umum pada Senin (01/04/2024) awal pekan depan.

Dengan dioperasikannya East Flyover tersebut, dinilai dapat mengurai lonjakan lalu lintas dari dan ke Bandara Soetta pada periode angkutan lebaran atau mulai 3 - 18 April 2024.

Nantinya Angkasa Pura II akan berkoordinasi dengan Polresta Bandara Soekarno-Hatta dalam pelaksanaan awal jembatan layang tersebut.

Hal itu dilakukan, guna mengatur arus lalu lintas dapat semakin terurai lantaran telah memberi arahan terhadap pengendara yang melintas.

"Diharapkan tentu East Flyover itu bisa mengurai kepadatan arus lalu lintas masyarakat yang menggunakan ataupun melewati area Bandara Soekarno-Hatta," kata dia.