Cek Perayaan Paskah di Katedral Jakarta, Menko Polhukam: Pengamanan Berjalan dengan Baik
Menko Polhukam Hadi Tjahjanto (kanan) dan Uskup Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo Hardjoatmodjo (kiri) di pelataran Gereja Katedral Jakarta, Kamis (28/3/2024). (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto mengecek langsung pengamanan rangkaian ibadah tri hari suci Paskah di Gereja Katedral Jakarta, Kamis 28 Maret.

“Kami sudah melaksanakan koordinasi untuk pengamanan rangkaian kegiatan Paskah dan kami sudah mengecek di lapangan semua pengamanan berjalan dengan baik,” kata Hadi saat jumpa pers di pelataran Katedral, Jakarta, Kamis 28 Maret.

Dia pun berharap situasi tetap kondusif selama rangkaian ibadah Paskah berlangsung.

“Kami harapkan ibadah dapat dilaksanakan dalam kondisi-kondisi yang kondusif dan diliputi rasa aman, damai, dan sejuk yang dilaksanakan mulai Kamis sampai Minggu,” kata Hadi.

Di lokasi yang sama, Uskup Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo Hardjoatmodjo berterima kasih atas perhatian pemerintah dan kesigapan Polri untuk membantu rangkaian ibadah berjalan aman dan lancar.

“Bapak Menko Polhukam, atas nama umat Katolik khususnya yang di Jakarta, saya ingin mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bapak mewakili Pemerintah RI hadir di tengah-tengah kami yang sedang merayakan Paskah ini mulai dengan Kamis Putih,” kata Kardinal Suharyo.

Dia juga meminta para jemaat untuk menjadikan rangkaian perayaan Paskah sebagai kesempatan untuk memperbaiki diri, baik dalam kehidupan pribadi maupun dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat.

“Sekali lagi Bapak Menko terima kasih, (yang datang) bersama rombongan yang kehadirannya sungguh-sungguh membuat kami merasa tenteram dan kepada bapak-bapak (polisi) di luar yang menjaga kami, berpanas-panasan dan semoga tidak kena hujan, terima kasih atas kehadiran bapak-bapak sekalian,” kata Kardinal Suharyo.

Di Gereja Katedral Jakarta, ada 162 personel gabungan TNI/Polri yang berjaga selama rangkaian tri hari suci Paskah. Sejumlah polisi juga telah sterilisasi area dibantu anjing K9 dan tim dari Pasukan Gegana Brimob Polri demi memastikan tidak ada barang-barang berbahaya masuk dalam lingkungan gereja.

Terkait