Banyak Kecelakaan Hingga Balap Liar Jadi Alasan JLNT Casablanca Ditutup Saat Dini Hari 1-15 April
Jalan layang non tol Casablanca, Jakarta Selatan. (VOI/Rizky Sulistio)

Bagikan:

JAKARTA - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mengumumkan akan menutup Jalan Layang Nontol (JLNT) Casablanca, Jakarta Selatan setiap dini hari selama dua pekan pada tanggal 1 hingga 15 April 2024.

Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo menjelaskan alasannya. Syafrin menyebut, selama ini banyak kecelakaan dan aksi balap liar sepeda motor yang terjadi di JLNT Casablanca. Padahal, jalur tersebut hanya diperuntukkan kendaraan roda empat.

"Terkait rencana penutupan JLNT Casablanca, karena banyaknya pelanggaran kendaraan bermotor roda 2 yang dilarang melintas di JLNT Casablanca, khususnya pada malam hari dan mengakibatkan kecelakaan lalu lintas," kata Syafrin saat dihubungi, Kamis, 28 Maret.

"Selain itu, pada malam hari JLNT tersebut sering menjadi lokasi balap liar sepeda motor yang menimbulkan korban jiwa," tambahnya.

Dalam penerapannya, JLNT Casablanca bakal ditutup pada pukul 00.00 sampai dengan 04.00 WIB di kedua sisi, yaitu sisi Barat (Citywalk) maupun sisi Timur (Mal Kota Kasablanka).

"Sebagai rute alternatif kendaraan dari arah barat (Tanah Abang) maupun dari arah timur (Casablanca) dapat melalui jalur bawah Jalan Prof. Dr. Satrio," ungkap Syafrin.

Selain itu, Dishub DKI juga menerapkan penutupan U-Turn Citywalk di Jalan K.H. Mas Mansyur-Habib Usman Mufti, Jakarta Pusat pada 1-15 April 2024.

Selama pelaksanaan uji coba penutupan U-Turn Citywalk di Jalan K.H. Mas Mansyur-Habib Usman Mufti, dilakukan rekayasa lalu lintas alternatif putaran yang dapat dilalui oleh kendaraan.

Kendaraan dari arah timur (Casablanca) yang akan ke timur/utara (Sudirman) dapat menggunakan putaran timur-timur di depan Apartemen Cassadomaine dengan jarak sekitar 600 meter dari putaran eksisting.

Kendaraan dari arah barat (Tanah Abang) yang akan ke barat (Penjernihan) dapat menggunakan putaran barat-barat di depan Intiland sejauh 500 meter. Lalu, yang akan menuju ke selatan (Senayan) dapat menggunakan putaran barat-barat di depan Wihara Amurva Bhumi sejauh 1 kilometer dari putaran eksisting.

Selanjutnya, dilakukan pengaturan sistem satu arah di Jalan Karet Pasar Baru Timur 1 ke arah dalam/utara (Sudirman). Lalu lintas dari Jalan Karet Pasar Baru Timur 2 yang akan menuju ke Jalan Habib Usman Mufti dapat menerus di Jalan Karet Pasar Baru Timur 2-belok kiri ke Jalan R.M. Margono Djodjohadikoesoemo-belok kiri ke Jalan Habib Usman Mufti-Jalan K.H. Mas Mansyur.

Dilakukan juga kanalisasi dengan movable concrete barrier pada frontage JLNT arah ke Timur (Casablanca). Lalu lintas dari Kawasan Sahid yang akan menuju ke JLNT Casablanca dapat melalui Jalan Karet Pasar Timur 5.

"Diimbau kepada para pengguna jalan agar dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan serta mengutamakan keselamatan di jalan," imbuhnya.