Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat, saat ini baru 8% dari zona musim di wilayah Indonesia yang telah memasuki musim kemarau, sementara 92% lainnya masih berada dalam musim hujan.

Beberapa wilayah yang sudah memasuki musim kemarau mencakup Sumatera Utara dan sebagian besar Aceh, terutama di sepanjang pesisir timur. Selain itu, musim kemarau juga telah dimulai di sebagian utara Maluku dan sebagian Sulawesi Tengah.

"Selain di wilayah tersebut, wilayah lain umumnya masih mengalami musim hujan," tulis BMKG di postingan Instagram @infobmkg, Minggu 24 Maret.

BMKG juga mencatat, daerah dengan kurang hujan terpanjang hingga pertengahan Maret 2024 terdapat di Aceh Timur, bahkan kategorinya termasuk sangat panjang.

Meskipun sebagian besar wilayah masih masuk musim hujan, BMKG mengingatkan masyarakat untuk menggunakan air dengan bijak guna menghadapi kemungkinan kekeringan di masa mendatang.

Bagi daerah yang masih masuk musim hujan, diingatkan untuk memeriksa lingkungannya agar bisa menampung dan mengalirkan air hujan dengan baik.