2 Anggota Polri Tewas Ditembak KKB Aibon Kogoya di Paniai
Pilot Susi Air warga negara Selandia Baru, Philip Mark Merthens (jaket biru) disandera KKB (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Dua anggota Polri tewas ditembak di Distrik Baya Biru, Kabupaten Paniai, Papua. Pelaku diduga merupakan kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Aibon Kogoya.

"Dua anggota kami, Bripda Arnaldobert dan Bripda Sandi Defrit, gugur dalam tugas," ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo kepada wartawan, Rabu, 20 Maret.

Aksi penyerangan itu berawal saat kedua polisi yang merupakan anggota Pos Polisi Ndeotadi 99 sedang bertugas melaksanakan pengamanan Helipad 99, pada Rabu, 20 Maret, sekitar pukul 08.00 WIT.

Namun, tiba-tiba terdengar beberapa kali suara tembakan. Bripda Arnaldobert dan Bripda Sandi Defrit terkena tembakan itu.

Pertolongan coba diberikan. Sayangnya, kedua anggota Polri itu tak dapat diselamatkan.

"Dari arah timur terdengar beberapa kali tembakan yang menyebabkan kami kehilangan dua personel serta dicurinya 2 pucuk Senpi AK-47," ungkapnya.

"Diduga pelaku adalah bagian dari KKB Aibon Kogoya," sambung Benny.

Menambahkan, Kapolres Paniai, AKBP Abdus Syukur Felani menyatakan pihaknya telah melakukan langkah penyelidikan. Penyisiran di sekitar lokasi kejadian pun telah dilaksanakan.

Tindakan tegas akan diambil terhadap pelaku atau kelompok yang bertanggung jawab atas penyerangan tersebut.

"Kami akan mengejar pelaku atau kelompok yang bertanggung jawab atas aksi ini. Mereka akan diproses sesuai dengan hukum yang berlaku. Kami juga tengah meningkatkan pengamanan di seluruh titik di Kabupaten Paniai guna menghindari adanya hal-hal yang tidak diinginkan," tegas Abdus.