Setelah Membakar Sekolah dan Aniaya Guru, KKB Pimpinan Undius Kogoya dan Aibon Melarikan Diri
Sekolah satu atap di Hipadipa, Kabupaten Intan Jaya, Papua yang dibakar KKB, Rabu (30/3) sore.(ANTARA/HO-Humas Polda Papua)

Bagikan:

JAKARTA - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Undius Kogoya dan Aibon Kogoya langsung melarikan diri usai membakar sekolah dan menganiaya guru di Distrik Hitadipa, Kabupaten Intan Jaya, Papua.

"KKB telah membakar gedung sekolah satu atap Hitadipa," ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal dalam keterangannya, Kamis, 31 Maret.

Berdasarkan keterangan saksi-saksi kata dia, aksi ini dilakukan oleh puluhan orang. Saat ini, para pelaku sudah menginggalkan Distrik Hitadipa.

KKB pimpinan Undius Kogoya dan Aibon Kogoya diketahui membakar Sekolah Satu Atap YPPGI-SMP Negeri 2 Hitadipa dan menganiaya warga sipil di Distrik Hitadipa, Kabupaten Intan Jaya. Salah satu yang dianiaya adalah guru.

"(KKB, red) Melakukan aksi anarkis dengan membakar bangunan sekolah satu atap SD-SMP dan menganiaya warga sipil,"

Aksi pembakaran sekolah yang dilakukan kelompok separatis ini diketahui ketika anggota Polri melihat adanya kepulan asap besar dari Distrik Hitadipa, pada Kamis, 30 Maret. Sehingga pengecekan pun dilakukan.

Penyelidikan pun dilakukan. Petugas mendapat informasi dalang di balik pembakaran merupakan KKB. Dari pemeriksaan saksi pun terungkap puluhan anggota kelompok separatis itu membakar sekolah sekitar pukul 16.30 WIT. Bahkan, mereka juga menganiaya dua warga sipil.

"Salah satunya adalah guru di sekolah yang mereka bakar,” kata Kamal.