Warga Kaliawi Bandar Lampung Duel dengan Buaya Semeter, Resahkan Warga karena Sering Berjemur
Buaya yang berhasil ditangkap warga Bandarlampung Kelurahan Kaliawi (Foto: ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Warga Kelurahan Kaliawi Kota Bandar Lampung menangkap seekor buaya muara sepanjang 1 meter di Kali Kaliawi. Kehadiran buaya ini meresahkan warga. 

Duel penangkapan buaya ini pun dilakukan warga secara gotong royong menggunakan jerat tradisional. 

"Senin, 2 maret sore sekitar pukul 16.00, kita menangkap buaya menggunakan jerat tradisional," kata salah seorang warga Kaliawi RT 4, Agus Santoso, di Bandarlampung dilansir Antara, Selasa, 2 Maret. 

Buaya, menurut pengakuan Agus Santoso sering terlihat berjemur di tepi Kali Kaliawi dalam beberapa pekan belakangan. 

"Sebenarnya ada dua (buaya) yang sering terlihat, satu ukurannya kecil dan satu lagi yang besar. Yang tertangkap ini yang ukuran kecil," kata dia.

Sejak penangkapan buaya berukuran kecil, buaya ukuran besar jarang terlihat lagi. Oleh karena itu, warga sedang memancingnya dengan menggunakan daging ayam yang digantung di sekitar jembatan dekat kali.

"Buaya berukuran sekitar 1 meter dengan berat sekitar 15 kilogram tersebut saat ini sudah berada di rumah ketua RT dengan mulut dan kakinya diikat, sebab tenaganya lumayan kuat," kata dia.

Rencananya buaya tersebut akan diserahkan ke Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

"Nanti kita serahkan ke BKSDA dan kalau mereka sudah kemari untuk mengambil buaya ini kami akan minta mereka menelusuri aliran Sungai Kaliawi untuk mencari buaya yang satu lagi," kata dia.