PT PLN Buka Pendaftaran "Mudik Asyik Bersama BUMN" untuk Lebih dari 10 Ribu Orang
Pemberangkatan pemudik pada "Mudik Asyik Bersama BUMN" tahun 2023. (foto: dok. antara )

Bagikan:

JAKARTA - PT PLN (Persero) telah membuka pendaftaran program "Mudik Asyik Bersama BUMN" yang bertujuan untuk menyediakan lebih dari 10 ribu kuota bagi masyarakat yang ingin merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah di kampung halaman mereka. Program ini merupakan inisiatif tahunan yang diselenggarakan oleh PLN bekerja sama dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo, menyatakan bahwa program ini memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mudik dengan aman dan terjangkau. PLN akan menyediakan moda transportasi seperti bus, kapal laut, dan kereta api yang nyaman serta aman bagi peserta. Hal ini juga diharapkan dapat mengurangi penggunaan kendaraan pribadi untuk mereduksi emisi karbon dari sektor transportasi.

Darmawan menjelaskan bahwa program ini bertujuan untuk meningkatkan keselamatan lalu lintas, terutama bagi kelompok rentan seperti perempuan, anak-anak, penyandang disabilitas, dan orang tua. Selain itu, program ini juga diharapkan dapat mengurangi kepadatan lalu lintas selama musim mudik.

PLN membuka 6.500 kuota keberangkatan dari Jakarta dan masing-masing 1.000 kuota dari Bandung, Medan, Makassar, dan Balikpapan. Pendaftaran dapat dilakukan melalui aplikasi PLN Mobile dengan beberapa langkah yang telah ditetapkan. Setiap peserta diwajibkan untuk mentransfer uang jaminan sebesar Rp100.000 per orang sebagai komitmen keberangkatan, yang akan dikembalikan dalam bentuk voucher listrik senilai Rp100.000 per orang.

Pendaftaran ulang dan konfirmasi akan dilakukan pada tanggal 25 Maret hingga 4 April 2024 untuk memastikan jurusan keberangkatan. Keberangkatan bersama dari Jakarta direncanakan pada tanggal 5 April 2024 dengan pengambilan "mudik kit" dan pengembalian jaminan dilakukan di kantor PLN Pusat.

Dengan banyaknya kuota yang disediakan, PLN mengajak seluruh masyarakat yang berminat untuk ikut dan mengunduh aplikasi PLN Mobile untuk melakukan pendaftaran. Adapun mekanisme pendaftaran Program Mudik Asyik bersama BUMN 2024, yaitu:

1. Peserta wajib mengunduh aplikasi PLN Mobile

2. Satu akun PLN Mobile hanya bisa digunakan untuk satu kali pendaftaran.

3. Buka Aplikasi PLN Mobile dan klik banner Mudik Asyik bersama BUMN untuk mengisi form pendaftaran.

4. Mengisi data diri dengan sebenar-benarnya, sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk peserta individu dan Kartu Keluarga (KK) untuk peserta keluarga, di mana 1 KK maksimal 4 orang.

5. Formulir wajib diisi oleh calon pemudik dan tidak dapat diwakilkan.

6. Untuk menjaga komitmen peserta mudik pada hari-H keberangkatan, setiap peserta wajib mentransfer uang jaminan sebesar Rp100.000 per orang dan akan dikembalikan dalam bentuk voucher listrik senilai Rp100.000 per orang. Uang jaminan tidak dapat dikembalikan jika peserta membatalkan keberangkatan.

7. Jika kuota terpenuhi, maka pendaftaran akan ditutup sewaktu-waktu sebelum waktu yang telah ditetapkan.