Amir Uskara Dilantik Jadi Wakil Ketua MPR Gantikan Arsul Sani
Legislator Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Amir Uskara dilantik menjadi Wakil Ketua MPR dari Fraksi PPP menggantikan Arsul Sani./FOTO: Nailin In Saroh-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Legislator Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Amir Uskara dilantik menjadi Wakil Ketua MPR dari Fraksi PPP menggantikan Arsul Sani. Prosesi pelantikan dilangsungkan di Gedung Nusantara V kompleks DPR/MPR.

Pelantikan dihadiri Ketua MPR Bambang Soesatyo didampingi Wakil Ketua MPR dari Fraksi PKS Hidayat Nur Wahid, Fraksi PDIP Ahmad Basarah, dan unsur DPD Fadel Muhammad. Sementara Wakil Ketua MPR dari Fraksi PKB Jazilul Fawaid, Fraksi PAN Yandri Susanto, dan Wakil Ketua MPR dari Fraksi Gerindra Ahmad Muzani absen. 

Arsul Sani juga hadir untuk acara serah terima jabatan pimpinan MPR.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saga akan memenuhi kewajiban saya sebagai Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya," ujar Amir saat prosesi pelantikan, Jumat, 8 Maret.

Amir juga bersumpah dirinya akan memegang teguh Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 serta peraturan perundang-undangan.

Waketum DPP PPP itu juga berjanji akan menegakkan kehidupan demokrasi serta berbakti kepada Bangsa dan Negara.

"Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat dan daerah yang saya wakili untuk mewujudkan komitmen Nasional demi kepentingan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia," ucapnya. 

Di prosesi acara, Ketua MPR Bambang Soesatyo mengucapkan selamat kepada Amir Uskara. Dia berharap Amir segera menyesuaikan diri untuk bekerja bersama dalam rumah kebangsaan. 

"Selamat bekerja kepada bapak Dr. H. M Amir Uskara, yang baru saja dilantik sebagai wakil ketua MPR periode 2019-2024," kata Bamsoet. 

Bamsoet juga mengucapkan selamat kepada Rasul dan mendoakan rekannya di pimpinan MPR itu amanah menjalankan tugas barunya sebagai hakim Mahkamah Konstitusi (MK).  

"Hari ini kita lepas dia dengan penuh kebanggaan," kata Bamsoet.