2.025 Personel Gabungan Dikerahkan Pengamanan Konser Ed Sheeran di JIS, Ini Skema Pengalihan Arus Lalu Lintas
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi. (Foto: Ist)

Bagikan:

JAKARTA - Musisi Ed Sheeran bakal menggelar konser di Jakarta International Stadium (JIS) malam ini. Dalam skema pengamanan dikerahkan sebanyak 2.025 personel gabungan.

"Pengerahan 2.025 personel gabungan dari Polda Metro Jaya, Polres Jakarta Utara, TNI, dan Pemprov DKI," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi kepada wartawan, Sabtu, 2 Maret.

Ribuan personel gabungan tersebut akan ditempatkan di titik-titik yang sudah dipetakan. Mereka akan memastikan tak ada gangguan selama berlangsungnya konser tersebut.

Mengenai pengalihan arus lalu lintas, Ade menyebut akan dilakukan situasional. Tentunya, dengan melibatkan institusi terkait, dalam hal ini Dinas Perhubungan atau Dishub DKI Jakarta.

"Pengaturan lalu lintas dilaksanakan secara situasional, bekerja sama dengan stakeholders," kata Ade.

Dishub DKI Jakarta sedianya akan menerapkan rekayasa lalu lintas. Satu di antaranya berupa penutupan terbatas tiga ruas jalan guna mencegah penumpukan kendaraan.

Skema penutupan terbatas ini bakal mulai diterapkan pada pukul 12.00 WIB hingga 24.00 WIB.

Tiga ruas jalan yang bakal ditutup itu antara lain, simpang perlintasan bidang kereta api Jalan Sunter Permai Raya hingga Jalan RE. Martadinata.

Kemudian, simpang Jalan Sunter Permai Raya hingga Jalan Bisma Raya; dan simpang Jalan Danau Sunter Barat hingga Jalan Danau Sunter Utara.

Dalam skema penutupan terbatas ini, kata Syafrin, ada beberapa jenis kendaraan yang diperbolehkan melintasi tiga ruas jalan tersebut. Cara ini, dilakukan untuk mengatasi penumpukan atau kepadatan arus kendaraan.

"Jenis kendaraan yang boleh melintas antara lain, angkutan panitia, angkutan umum, penghuni, dan shuttle bus," ujar Kadishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo.

Selain itu, bakal diterapkan juga pengalihan arus lalu lintas. Dalam skema itu, kendaraan dari arah utara diarahkan melalui Jalan Warakas 21 dan dari arah timur bisa melalui Off Ramp Tol menuju Jalan Sunter Permai.

Kendaraan yang dari arah timur juga bisa melalui Jalan RE. Martadinata menuju Jalan Sunter Permai Raya.

"Dari arah timur juga bisa melalui Tol Pelabuhan keluar Ancol lewat Kemayoran-Jalan Benyamin Suaeb-Jalan Griya Utama-Jalan Danau Sunter Barat," ucapnya.

Sementara untuk kendaraan dari arah barat dapat melalui Tol Pelabuhan keluar Kemayoran-Jalan Benyamin Suaeb-Jalan Griya Utama-Jalan Danau Sunter Barat.

Untuk kendaraan dari arah selatan ada beberapa pengalihan arus. Pertama, dapat melalui Jalan Gunung Sahari-Jalan Lodan Raya-Jalan Benyamin Suaeb-Jalan Griya Utama-Jalan Danau Sunter Barat.

Kedua, melalui Jalan Benyamin Suaeb putar balik mengarah ke Jalan Griya Utama-Jalan Danau Sunter Barat atau bisa melintasi Jalan Danau Sunter Utara menuju Jalan Sunter Permai Raya.

"Bisa juga melalui Jalan HBR Motik-Jalan Danau Sunter Barat mengarah ke JIs," ungkap Syafrin.

Arah Balik

Selain itu, Dishub juga telah mempersiapkan pengalihan arus lalu lintas kendaraan yang akan ke luar Jakarta dari JIS.

Kendaraan ke arah Jalan Sunter Permai Raya-Jalan Bisma Raya atau bisa melalui Jalan Danau Sunter Utara.

Kemudian, pengendara juga bisa melintasi Jalan Sunter Permai Raya-Jalan Danau Sunter Barat-Jalan HBR Motik atau Jalan Danau Sunter Selatan.

"Bisa juga mengarah ke timur melalui Jalan RE. Martadinata atau menuju arah barat melalui Jalan RE. Martadinata putar balik ke Jalan Lodan Raya masuk Gerbang Tol Ancol Timur," kata Syafrin.

Terakhir, pengendara bisa melalui Jalan Danau Sunter Permai Raya-Jalan Danau Sunter Barat-Jalan Griya Utama-Jalan Benyamin Suaeb masuk Gerbang Tol Kemayoran.