Pj Bupati Belitung Jamin PSU di TPS 001 Desa Air Raya, Tanjung Pandan Bakal Lancar
Penjabat Bupati Belitung Yuspian meninjau PSU Pemilu 2024 di TPS 001 Desa Air Raya Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Minggu (18/2/2024). (Antara/HO-Apriliansyah)

Bagikan:

JAKARTA - Penjabat Bupati Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yuspian memastikan pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) pemilihan presiden dan wakil presiden (pilpres) 2024 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 001 Desa Air Raya, Tanjung Pandan, berjalan lancar.

"Sampai sejauh ini pelaksanaan PSU pemilu 2024 berjalan lancar sesuai ketentuan yang berlaku," katanya usai meninjau PSU di TPS 001, Desa Air Raya, Tanjung Pandan, Minggu.

Menurut dia, tingkat partisipasi pemilih dalam pelaksanaan PSU pilpres 2024 di TPS 001, Desa Air Raya, Tanjung Pandan cukup tinggi.

"Masyarakat pemilih cukup antusias, sejauh ini tingkat partisipasi masyarakat yang kembali menggunakan hak pilihnya sudah sekitar 50 persen," ujarnya.

Dia berpesan agar anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS itu dapat lebih teliti dan mewaspadai agar hal sebelumnya tidak terulang kembali.

"Ini menjadi catatan kita bersama, semoga ini tidak berdampak negatif secara jangka panjang," katanya.

Dia menyampaikan dalam waktu dekat Kabupaten Belitung akan menghadapi pelaksanaan pilkada serentak, sehingga pelaksanaan pesta demokrasi kali ini merupakan momentum evaluasi agar pelaksanaan pilkada nanti dapat berjalan lebih baik.

"Sehingga ini menjadi cerminan kita, di mana kelemahan dari penyelenggara dapat diantisipasi. Kalau kami dari pemerintah daerah ingin memastikan itu berjalan sebagaimana mestinya," ujarnya.

Dia mengatakan dirinya beserta jajaran Forkopimda Belitung akan meninjau pelaksanaan PSU di TPS 006 Desa Kembiri, Kecamatan Membalong.

"Saya akan ke Desa Kembiri untuk memastikan dua TPS yang juga menggelar PSU dapat berjalan baik. Semoga antusiasnya tetap sama dengan yang digelar PSU di sini (TPS 001 Air Raya), sehingga secara kualitas hasilnya sama dengan pelaksanaan sebelumnya," kata Yuspian.