Teror Berulang Dari KKB, Kali Ini Tembaki Pesawat Wings Air
Foto: Istimewa

Bagikan:

JAKARTA - Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB kembali menebar teror dengan menembaki Pesawat Wings Air IW 1646 ATR 700 PK WGT saat proses landing di Bandara Nop Goliat Dekai, Kabupaten Yahukimo, pada Sabtu, 17 Februari. Akibatnya, satu prajurit terluka.

"Informasi yang kami terima menyebutkan bahwa pesawat tersebut terkena tembakan di sisi sebelah kiri, yang menembus ke dalam badan pesawat," ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo dalam keterangannya, Sabtu, 17 Februari.

Dalam aksi penembakan itu, seorang prajurit yakni Pratu Ongen terluka. Dia mengalami luka akibat terkena pecahan dinding pesawat.

"Penumpang bernama Pratu Ongen mengalami luka lecet akibat terkena pecahan dinding pesawat," sebutnya.

Untuk mengungkap dan menangkap pelaku penembakan, Operasi Damai Cartenz 2024 bersama personel Brimob Yon D dan Polres Yahukimo mulai mencari petunjuk dan alat bukti.

"Kami telah melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan meminta keterangan dari awak pesawat. Kami juga berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menindaklanjuti kasus ini dan mengejar pelaku penembakan," kata Benny.

Sebelumnya, KKB juga menembaki Pesawat Asian One jenis Caravan saat hendak mendarat di lapangan terbang Beoga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah.

Danrem 173/PVB Brigjen TNI Sri Widodo membenarkan adanya penembakan di lapangan terbang Beoga pada Jumat 14 April pagi tersebut

"Memang benar ada penembakan terhadap pesawat tersebut," ujarnya.

Danrem 173/PVB mengatakan tembakan mengenai pesawat dengan kode penerbangan PK LTF itu. Bagian depan dan badan kiri pesawat tertembus peluru.

"Namun pesawat berhasil mendarat di Beoga," ucapnya.