KKB Tembak Pesawat Wings Air Biang Kerok Penerbangan ke Dekai Papua Berhenti Sementara
Pesawat Wings Air yang ditembak KKB saat hendak mendarat di Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, Sabtu (17/2) . (ANTARA/HO/Humas Polda Papua)

Bagikan:

PAPUA - Pengelola Bandara Sentani menyebutkan tidak ada penerbangan terjadwal Jayapura-Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan hingga hari ini, Senin 19 Februari.

"Memang benar hari ini tidak ada penerbangan ke Dekai, sampai ada pemberitahuan lanjutan," kata Humas Bandara Sentani Surya Eka di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Senin 19 Februari, disitat Antara.

Ia menyebutkan, penerbangan Sentani-Dekai biasanya dilayani dua perusahaan maskapai, yaitu dari Trigana Airlines dan Wings Air.

Terpisah, Deputi Area Manager Trigana Jayapura Irwan Rochendi mengakui pesawatnya untuk sementara tidak melayani penerbangan ke Dekai menyusul kasus penembakan yang dialami pesawat Wings Air pada Sabtu 17 Februari.

Belum dapat dipastikan kapan pelayanan penerbangan ke wilayah itu kembali dilaksanakan karena masih menunggu keputusan dari Jakarta.

"Pihak keamanan di Dekai memang sudah memberikan jaminan keamanan namun kami masih menunggu keputusan Jakarta," katanya.

Penerbangan Sentani-Dekai dilayani dengan pesawat Boeing 737-500 dan penumpang yang dibawa berkisar 90-120 penumpang.

"Mudah-mudahan pelayanan penerbangan Sentani-Dekai dapat segera beroperasi," ujar Irwan.

Pesawat Wings Air ditembak anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua saat hendak mendarat di Bandara Nop Goliat Dekai pada Sabtu 17 Februari.

Insiden itu mengakibatkan satu penumpang terluka imbas terkena serpihan benda yang ditembak KKB.