KPU: Baru 7% TPS se-Indonesia yang Telah Unggah Hasil Penghitungan Suara
Ilustrasi petugas KPPS (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum KPU Hasyim Asy'ari menyampaikan beberapa poin terkait update penghitungan suara dan merespon beberapa masalah teknis yang terjadi sepanjang pemungutan suara.

“Menurut data per jam 19.00 malam ini sudah ada 59.836 TPS (tempat pemungutan suara) yang mengunggah atau sekitar 7,27%. Tentu saja walaupun kegiatan pemungutan suara sudah selesai, tetapi masih ada kegiatan penghitungan suara dan nanti akan dilanjutkan rekapitulasi,” ucapnya.

Proses penghitungan suara pada Pemilu 2024, jelasnya, menggunakan sistem rekapitulasi bernama Sistem Proses Rekapitulasi Suara Elektronik (Sirekap).

Sistem ini menggunakan data dan gambar dari dokumen formulir yang difoto dan diunggah oleh kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS), untuk kemudian direkapitulasi secara bertahap dari tingkat kecamatan, kota/kabupaten, provinsi, hingga pusat.

“Kami tetap berusaha untuk menjaga diri, bekerja dengan profesional, menjaga integritas, dan berusaha bekerja secermat mungkin supaya kemudian kita tetap dapat akuntabel dan proses perhitungan suara transparan,” tambahnya.