Petugas TPS Tempat Anies Mencoblos Bakal Kenakan Beskap Betawi
Tempat pemungutan suara (TPS) nomor 60 Kelurahan Cilandak Barat, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan menjadi lokasi memilih calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan.

Bagikan:

JAKARTA - Tempat pemungutan suara (TPS) nomor 60 Kelurahan Cilandak Barat, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan menjadi lokasi memilih calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan.

TPS 60 berada di area Waduk Lebak Bulus atau berjarak sekitar 200 meter dari kediaman Anies di Jalan Lebak Bulus Dalam II. Hingga malam ini, kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) TPS 60 masih mempersiapkan tempat pencoblosan.

TPS 60 dibangun dengan tenda berwarna merah dan putih. Perlengkapan di dalam TPS telah disusun seperti kursi untuk petugas dan warga yang terdaftar sebagai pemilih, hingga meja untuk menaruh kotak suara, bilik suara, tempat petugas TPS, pengawas, dan saksi.

Ketua KPPS TPS 60 Kelurahan Cilandak Barat, Ahmad Subay menyebut pihaknya akan mengenakan pakaian yang senada saat bertugas dalam proses pemungutan dan penghitungan suara, yakni beskap Betawi.

"Kalau dresscode-nya, karena kita mengikuti kebiasaan dan untuk menghormati pemilihan umum, jadi kita pakai beskap, pakaian Betawi," kata Subay saat ditemui di lokasi, Selasa, 13 Februari.

Seperti TPS-TPS lainnya, Subay menyebut logistik kepemiluan seperti bilik suara, kotak suara, surat suara, tinta, hingga dokumen lainnya baru akan didistribusikan ke TPS pada Rabu, 14 Februari pagi sebelum pemungutan suara dimulai.

"Logistik sampai saat ini sudah sampai Masjid Babul Khoirot. tadi dari RW diantarkan ke Masjid Babul Khoirot, tinggal besok penyerahan ke KPPS 60," ucap dia.

TPS 60 memiliki 200 daftar pemilih yang terdiri daftar pemilih tetap dan daftar pemilih tambahan. Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengatur waktu pemungutan suara dimulai pukul 07.00 hingga 12.00 waktu setempat.

Kemudian, masa pencoblosan daftar pemilih khusus (DPK) dijadwalkan mulai pukul 12.00 hingga 13.00 WIB. Proses penghitungan suara dilakukan setelah pemungutan suara selesai.

Pada esok hari sebelum menuju ke TPS, Anies akan melakukan salat Subuh berjemaah dengan keluarga, dilanjutkan sarapan bersama. Anies akan berpamitan dengan sang ibu sebelum berangkat ke TPS.

Sementara itu, calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar akan menggunakan hak suaranya di TPS nomor 23 di Jalan Kemang Raya, Kelurahan Bangka, Kecamatan Mampang, Jakarta Selatan.