Kolaka Sultra Terendam Banjir, 68 Rumah dan Jalan Sepanjang 50 Meter Longsor
Dampak banjir di Kolaka Utara, Sultra. (Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyebutkan banjir di Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra), menyebabkan 68 rumah dan dua buah jembatan mengalami kerusakan.

Kepala BPBD Kolaka Utara Andi Faisal mengatakan, banjir di wilayahnya melanda Desa Watuliu dan Desa Batuganda pada Senin 12 Februari sekitar pukul 19.00 WITA. Hujan deras disertai meluapnya sungai di dua desa itu menjadi penyebabnya.

"Hujan deras itu terjadi kurang lebih selama dua jam dari pukul 17.00 hingga 19.00 WITA," kata Andi di Kolaka, Selasa 13 Februari

Dia mengungkapkan, sebanyak 68 rumah warga terendam akibat banjir tersebut, mulai dari rusak berat, sedang, hingga ringan.

"Di Desa Batuganda ada tiga rumah, kemudian di Desa Watuliu sebanyak lima rumah warga rusak berat, 30 rumah lainnya rusak sedang dan 30 rusak ringan," ujarnya.

Selain rumah warga, kerusakan akibat banjir juga melanda dua jembatan dan jalan sepanjang 50 meter penghubung dusun di Desa Watuliu mengalami longsor.

"Tapi jalannya tidak rusak total dan masih bisa diakses," tuturnya.

Andi menyampaikan saat ini pihaknya tengah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Kolaka Utara dan pelaku usaha di daerah tersebut untuk melakukan normalisasi sungai, serta memperbaiki dan membersihkan rumah warga terdampak banjir sebagai bentuk penanggulangan bencana.

"Kami akan terus berkoordinasi untuk memberikan bantuan dan menanggulangi banjir di Kecamatan Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara," ucap Andi.

Dia juga menambahkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara juga telah memberikan bantuan sembako kepada para warga yang menjadi korban banjir untuk membantu meringankan beban mereka.