Bagikan:

PAPUA - Ketua Komisi Pmeilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Steve Dumbon menyampaikan pendistribusian logistik Pemilu 2024 di Papua mulai dilakukan hari ini.

“Hari ini sudah mulai distribusi. Sudah mulai pengiriman-pengiriman. Di kabupaten Jayapua, Kabupaten Supiori, Kabupaten Waropen, Kabupaten Biak Numgot, Kabupaten Keerom. Yang lain masih dalam persiapan,” kata Steve, kepada VOI, Minggu, 11 Februari.

Ia mengakui masih ada wilayahnya yang belum dapat dikirimkan hari ini. Lantaran keterbatasan penyedia pengiriman logistik di wilayah tersebut.

“Hanya 1 Kabupaten Sarmi belum ada penyedianya, kita masih mencari,” ucapnya

Ia menyebut ada empat distrik di Maberamo Raya yang terpaksa pendistribusi logistiknya harus melewati udara. Sementara ada 21 tempat pemungutan suara (TPS) di empat distrik tersebut.

“Satu TPS itu biaya distribusinya mencapai sekitar Rp150 juta. Ke sana juga memakan biaya besar,” ucapnya.

Perihal pengamanan dalam pelaksanaan Pemilu 2024, kata Stave, pihaknya tah berkoordinasi dengan kepolisian setempat. Tujuannya mencegah terjadinnya sesuatu yang tidak diinginkan.

“Sudah kerjasama dengan Ketua KPU dengan kepolisian daerah jadi tidak ada masalah. Polisi sudah siap backup,” tandasnya.