Ratusan Smartphone Narapidana Lapas Semarang Dimusnahkan, Termasuk Kipas Angin
Ponsel hasil penggeledahan di kamar hunian warga binaan dimusnahkan di Lapas Semarang, Jawa Tengah, Selasa (6/2/2024). ANTARA/HO-Lapas Semarang

Bagikan:

JATENG - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Semarang memusnahkan ratusan telepon seluler (ponsel) yang diselundupkan dan disimpan warga binaan atau narapidana lapas tersebut.

"Dari hasil penggeledahan sejak Oktober 2023 hingga saat ini, ditemukan 172 telepon seluler," kata Kalapas Semarang Usman Madjid dalam siaran pers di Semarang, Selasa 6 Februari, disitat Antara.

Selain itu, kata dia, petugas juga menyita barang terlarang lainnya seperti alat penanak nasi, kipas angin, pengisi daya telepon seluler, serta senjata tajam di kamar hunian warga binaan itu.

Pemusnahan melibatkan perwakilan unsur Polrestabes Semarang dan Kodim 0733 Semarang.

Usman mengatakan bahwa Lapas Semarang melaksanakan arahan Dirjen Pemasyarakatan, yakni melakukan deteksi dini serta berperan aktif dalam pemberantasan peredaran narkoba.

Selain itu, lanjut dia, senantiasa membangun sinergi dengan aparat penegak hukum lainnya.

Ia menegaskan bahwa petugas Lapas Semarang siap bekerja keras, menjaga integritas, serta memiliki keyakinan untuk membangun pemasyarakatan yang lebih baik dan maju.

Pemusnahan ratusan telepon seluler tersebut dengan menggunakan palu serta alat pemotong untuk berbagai senjata tajam yang ditemukan dalam penggeledahan.