Bagikan:

GARUT - Akibat curah hujan tinggi, tebing setinggi 50 meter di Kawasan perbukitan Cipangramatan, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Jawa Barat mengalami  longsor,  Senin kemarin.

Bencana kali ini mengakibatkan hektaran sawah rusak parah termasuk akses jalan lingkungan warga Kecamatan Banjarwangi menuju Cikajang.

Peristiwa ini juga sempat terekam video amatir warga setempat yang menunjukkan longsoran material lumpur menyapu pepohonan beserta bangunan penggilingan padi milik warga setempat.

"Beruntung tidak ada korban jiwa maupun rumah warga yang rusak berat. Meski begitu, terdapat lima rumah warga yang berpotensi terancam terkena longsoran susulan di sekitar lokasi kejadian," jelas Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Garut Daris Hilman, Selasa 6 Februari.

Daris, salah seorang warga yang terkena dampak mengatakan terpaksa harus mengungsi karena rumahnya rawan terkena longsor susulan.

“Sebenarnya lokasi longsor cukup jauh dari permukiman warga, tetapi ini sebagai antisipasi bencana longsor susulan yang mengancam keselamatan warga,” ujar Daris.

Pemerintah setempat juga mengimbau agar warga sekitar lebih waspada akan terjadinya bencana susulan.