Polisi Limpahkan Berkas 8 Debt Collector yang ‘Sita’ Mobil Nasabah ke Kejari Semarang
Para tersangka kasua penagih utang dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Kota Semarang, Rabu (31/1/2024). ANTARA/I.C. Senjaya

Bagikan:

SEMARANG - Penyidik Ditkrimum Polda Jawa Tengah melimpahkan berkas delapan penagih utang atau "debt collector" yang disangka melakukan penagihan dengan mencuri mobil milik nasabah perusahaan leasing ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Semarang

Kepala Seksi Intelijen Kejari Kota Semarang Cakra Nur Budi Hartanto  mengatakan, delapan tersangka tersebut terbagi dalam dua berkas perkara yang terpisah.

"Satu berkas untuk lokasi kejadian di Jalan MT Haryono dan berkas lainnya untuk TKP Jalan Kedungmundu," katanya dilansir ANTARA, Rabu, 31 Januari.

Ia menjelaskan untuk berkas perkara dengan TKP Jalan MT Haryono terdiri atas enam tersangka masing-masing berinisial Y, P, T, A, ASL, dan MAA.

Modus yang dilakukan, lanjut dia, para pelaku mengangkut mobil milik korban yang terparkir di depan kantor leasing.

Adapun untuk berkas kedua dengan tersangka S dan YAS, kata dia, modus yang dilakukan serupa, yakni mengangkut mobil milik nasabah perusahaan leasing dengan mobil towing saat dicegat di Jalan Kedungmundu.

Kedelapan tersangka dijerat dengan Pasal 365 atau 363 KUHP tentang pencurian, atau Pasal 368 KUHP tentang pemerasan.

"Adapun untuk TKP Jalan Kedungmundu dijerat juga dengan pasal 170 KUHP tentang penganiayaan," tuturnya.

Kedelapan tersangka selanjutnya tetap ditahan oleh Kejari Kota Semarang, namun masih dititipkan di tahanan Polda Jawa Tengah.