Megawati Datang ke Kampanye Ganjar karena Ingat Sang Bapak
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengatakan alasan dirinya menghadiri kampanye terbuka "Hajatan Rakyat" Ganjar Pranowo di Lapangan Tegalega, Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu, adalah karena berbakti kepada orang tuanya, Presiden pertama RI Soekarno.

"Kenapa saya langsung mau datang ke Jawa Barat? Karena saya ingat bapak saya. Jangan lupa dengan beliau, bukan karena Bung Karno bapak saya, namun karena dia pemimpin yang memerdekakan kita dari penjajahan 3,5 abad," kata Megawati saat membuka orasi kampanye akbar perdana Ganjar Pranowo di Bandung, Jawa Barat, dikutip dari Antara, Minggu 21 Januari.

Megawati menegaskan bahwa berbakti kepada orang tua juga ditekankan di dalam agama.

Kehadiran ketua umum partai berlambang kepala banteng moncong putih itu pada kampanye Ganjar Pranowo dianggap sebagai bentuk penghormatan terhadap jasa-jasa Bung Karno yang berusaha membebaskan negeri dari penjajahan.

"Kalau kalian lupa pada beliau (Soekarno), maka di agama Islam dikatakan budi paling besar dari seorang anak adalah memberikan hormat yang luar biasa bagi orang tuanya. Sejak umur 16 tahun, beliau keliling Jawa Barat; karena yakin kalau rakyat di sini diberikan arti kemerdekaan, maka pasti akan bergema ke tempat-tempat lain," jelas Megawati yang juga presiden ke-5 RI.

Dalam kesempatan tersebut, Megawati juga menyisipkan pesan untuk massa pendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 Ganjar-Mahfud supaya tidak tergiur dengan iming-iming politik uang saat hari pemilihan.

"Nanti, kalau ada yang mau bayar, terus jadi lemas apa nggak? Janji harus ditepati, lho. Calon pemimpin ada tiga. Bayangkan, ada yang kasih sembako. Boleh, tapi mikir yang pintar, memangnya bisa terus-terusan kasih sembako? Terus duitnya dari mana? Ayo mikir. Kalau duitnya banyak banget, apa artinya? Itu yang pakai huruf K?" tanya Mega yang langsung dijawab teriakan kata "korupsi" dari massa yang hadir.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari. Kemudian, jadwal pemungutan suara.