KPU Rampingkan Tema Debat Cawapres Minggu Besok, Begini Susunan Terbarunya
Calon Wakil Presiden saat debat KPU (Bambang E Ros/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) merampingkan tema debat cawapres yang kedua pada Minggu 21 Januari. Perampingan dari 7 menjadi 6 tema debat ini telah dibahas dan disepakati antara KPU dengan tim pemenangan tiga pasangan capres-cawapres dan televisi pool.

Komisioner KPU August Mellaz mengatakan, awalnya tema debat cawapres kali ini berjumlah tujuh tema dan sekarang dirampingkan menjadi enam tema.

"Dari tujuh tema itu kemudian kami sudah tata menjadi enam tema," kata August, Kamis 18 Januari.

August kemudian membeberkan susuan terbaru tema debat cawapres, yakni pertama pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup. Kedua, sumber daya alam dan energi.

"Tema ketiga adalah soal pangan. Tema keempat, yaitu agraria. Tema kelima, masyarakat adat dan tema keenam desa," ungkap August.

Sebelum perampingan, tema debat terdiri dari tujuh tema, yakni pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Debat kali akan mempertemukan cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar, cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka dan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD.

Debat cawapres ini akan berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) pada Minggu 21 Januari pada pukul 19.00 WIB.