Aliran Lava Pijar Gunung Lewotobi Meluncur Sejauh 3,5 Kilometer
Visual malam Gunung Lewotobi Laki-Laki, Flores Timur, NTT, Rabu (17/1/2024). (ANTARA/HO-PVMBG)

Bagikan:

FLORES - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat hasil pemantauan visual aliran lava pijar arah timur laut sejauh 3,5 kilometer dari pusat erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki, di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dalam laporan Petugas Pos Pengamatan Gunung Lewotobi Laki-laki, Bobyson Lamanepa, Kamis dini hari, teramati guguran dengan jarak luncur 1.000 hingga 1.500 meter mengarah ke utara dan timur laut pada periode pengamatan Rabu (17/1) pukul 18.00 WITA hingga 24.00 WITA.

Badan Geologi memperluas jarak rekomendasi Gunung Lewotobi Laki-laki yang terletak di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, untuk menghindari ancaman bahaya letusan berupa abu vulkanik dan lava pijar.

"Masyarakat tidak melakukan aktivitas apapun dalam radius 5 kilometer dari pusat erupsi serta sektoral 6 kilometer pada arah utara hingga timur laut diminta mengungsi," kata Pelaksana Tugas Badan Geologi Muhammad Wafid.

 

Sebelumnya, Badan Geologi merekomendasikan masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas dalam radius 4 kilometer dari pusat erupsi dan sektoral 5 kilometer ke arah barat laut hingga utara dan timur laut.

Wafid meminta masyarakat agar tenang dan mengikuti arahan pemerintah daerah serta tidak mempercayai isu-isu tidak jelas sumbernya.