Bagikan:

JAKARTA - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, menyebut raksasa mobil listrik asal China, BYD, akan masuk ke Indonesia pada pekan depan.

Luhut menilai kehadirannya mobil listrik ini akan membawa Indonesia ke era baru, yaitu penggunaan kendaraan bermotor yang lebih ramah lingkungan. Pasalnya, produk mobil listrik di pasar dalam negeri bakal semakin banyak pilihan.

"BYD pada 18 (Januari 2024) ini mau launching dan itu akan bawa era baru untuk Indonesia," kata Luhut dalam keterangan video pada akun Instagram resminya @luhut.pandjaitan, dikutip Sabtu, 13 Januari 2024.

Menurutnya, kualitas dari mobil BYD tak kalah dari Tesla. Sebab, perusahaan itu sudah mengalahkan Tesla sebagai pabrikan mobil listrik terlaris di dunia sepanjang 2023.

"Ya, saya kira dengan BYD masuk dia, kan, penjualannya sekarang sudah melampaui Tesla, ya. Kualitasnya pun tidak kalah dengan Tesla," ujarnya.

"Tentunya kesempatan ini juga saya pergunakan untuk mempercepat adopsi kendaraan listrik di Indonesia," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, BYD, pabrikan mobil asal China yang kini diakui sebagai pesaing serius Tesla, akan resmi meluncurkan produknya di Indonesia pada pekan depan. Kabar ini disampaikan melalui undangan yang diterima oleh Redaksi VOI.

Dalam undangan tersebut tertulis, "Januari 2024 ini akan menjadi debut bagi BYD untuk meramaikan pasar kendaraan penumpang di Indonesia sekaligus mengukuhkan Indonesia sebagai bagian dari peta ekspansi bisnis jangka panjang global BYD."

BYD berkomitmen untuk membawa teknologi New Energy Vehicle (NEV) terbaru ke Indonesia, yang mana akan berkontribusi dalam membangun ekosistem kendaraan ramah lingkungan.

Langkah ini sejalan dengan upaya Pemerintah RI untuk mereduksi emisi gas buang. BYD akan menggelar konferensi pers dan brand launching sebagai bagian dari kehadirannya.