Polisi Ringkus Pencuri Motor Kawasaki ER6F Modus Test Drive di Semarang
Empat tersangka kasus pencurian sepeda motor dihadirkan saat pers rilis di Mapolrestabes Semarang, Rabu. (ANTARA/I.C. Senjaya)

Bagikan:

SEMARANG - Polisi meringkus pelaku pencurian sepeda motor di Kota Semarang, Jawa Tengah, dengan modus melakukan test drive yang kemudian melarikan kendaraan milik korbannya itu.

Wakapolrestabes Semarang AKBP Wiwit Ari Wibowo menerangkan tersangka TL (47) warga Tuntang, Kabupaten Semarang, beraksi terakhir kali pada 6 Januari di rumah korban di wilayah Sampangan, Kota Semarang.

Pelaku mengincar sepeda motor jenis Kawasaki ER6F milik korbannya berdasarkan penelusurannya di media sosial.

Pelaku yang mengetahui kendaraan korban akan dijual kemudian menghubungi untuk melihat langsung kondisinya.

"Pelaku kemudian meminta agar bisa mencoba, namun kemudian tidak kembali lagi," katanya dilansir ANTARA, Rabu, 10 Januari.

Dari hasil penyelidikan berdasarkan rekaman CCTV di sekitar lokasi kejadian, polisi menangkap pelaku beserta barang bukti sepeda motor hasil curian di rumahnya.

Di rumah pelaku, polisi juga menemukan satu sepeda motor lain yang diduga juga hasil curian.

Dari keterangan pelaku, motor jenis Kawasaki KLX tersebut merupakan hasil curian dengan modis yang sama saat beraksi pada November 2023 lalu.

Bersama dengan tersangka TL, polisi juga mengamankan tiga pelaku lain yang berperan sebagai penadah serta pembeli barang hasil curian.

Atas perbuatannya, para pelaku dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian atau Pasal 372 KUHP tentang penggelapan.