Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Wuryanti Sukamdani mengatakan partainya merupakan satu-satunya partai yang memiliki Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) sejak 2006. Capres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo disebut menjadi salah satu insiatornya.

“Nomor satu menginisiasi Baguna yaitu tak lain adalah waktu itu Anggota DPR RI Bapak Ganjar Pranowo. Jadi, Pak Ganjar menginisiasi Baguna sampai sekarang,” kata Wuryanti kepada wartawan di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa, 9 Januari.

Wuryanti menyebut dia tak pernah melihat badan semacam ini dimiliki partai lain. “Dan kita selalu siap. Bencana (ada, red) kita siap ke sana. Baru-baru ini kami ke Sumedang,” tegasnya.

Sementara jika sedang tak ada bencana, Baguna bergerak untuk melaksanakan program sosial PDIP seperti di acara partai seperti pada saat HUT ke-51 PDIP. Rencananya, mereka akan membagikan makanan dalam kegiatan yang bakal digelar pada Rabu, 10 Januari.

“Besok adalah ulang tahun PDI Perjuangan ke-51, di dalam acara itu tentunya kita tidak mau ketinggalan. Kita ikut merayakan yaitu dengan menggelar dapur umum di seluruh Indonesia,” ungkap Wuryanti.

Dapur umum ini, sambung dia, bakal hadir dalam bentuk truk yang kerap dibawa ke berbagai tempat. Makanan yang disajikan nantinya akan diberikan yang bergizi.

“Jadi kita atur sekali gizinya, di sini kita ada chef. Chef ini adalah dari Ikatan Chef Indonesia tentunya membantu karena ada di seluruh Indonesia juga yaitu membantu menu itu harus sehat, harus murah, tetapi bergizi. Jadi nanti bapak, ibu sekalian bisa merasakan masakan tersebut,” ujarnya.

Ke depan, Wuryanti mengatakan Baguna bakal terus melaksanakan tugasnya. Badan ini juga menjalin kerja sama dengan Badan SAR Nasional (Basarnas), BMKG, dan BNPB sesuai arahan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Selain itu, Baguna juga akan berupaya membantu pemerintah mengatasi stunting lewat dapur umum.

“Jadi, bagaimana caranya supaya kita memberikan edukasi mendidik memelihara anak untuk tumbuh berkembang dengan baik dan sehat dan tumbuh normal," pungkasnya.