Daftar Pejabat non-Partai yang Hadir di HUT ke-49 PDIP
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri (VOI)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Hari ini, Selasa, 10 Agustus 2023, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menggelar acara dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-49. Sejumlah tamu undangan menghadiri acara tersebut. Tidak hanya dari kalangan partai, ada sejumlah pejabat non partai yang hadir di HUT PDIP tersebut.

Seperti diketahui, PDI Perjuangan menggelar Peringatan Hari Ulang Tahun yang ke-50 di JIExpo Kemayoran Jakarta. Momen tersebut sekaligus sebagai pembukaan menjelang tahun politik 2023.

Perayaan yang digelar tahun ini bertemakan 'Genggam Tangan Persatuan dengan Jiwa Gotong Royong dan Semangat Api Perjuangan Nan Tak Kunjung Padam' dan dengan subtema 'Persatuan Indonesia untuk Indonesia Raya'.

Tidak hanya sekadar perayaan HUT partai biasa, acara PDIP kali ini jadi bagian konsolidasi partai untuk memenangkan Pemilu yang digelar tahun 2024 nanti.

Pejabat Non Partai yang Hadir di Hut PDIP

Dalam kegiatan HUT PDIP, beberapa menteri dan pejabat non-kader partai turut memeriahkan acara yang digelar hari ini. Beberapa pejabat yang hadir adalah sebagai berikut.

  1. Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD
  2. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy
  3. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi
  4. Menteri Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Marsekal Hadi Tjahjanto
  5. Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan
  6. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono
  7. Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono
  8. Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki
  9. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi
  10. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif.

Dalam acara tersebut hadir pula Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengenakan batik warna hitam. Dari pantauan VOI, Presiden tiba sekitar pukul 08.50 WIB yang langsung disambut oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Tak hanya Jokowi, Wakil Presiden Ma'ruf Amin turut hadir dalam perayaan tersebut. Jokowi, Megawati, dan Ma'ruf Amin sempat berbincang sebentar lalu berjalan langsung ke panggung utama.

Acara di HUT PDIP

Dalam perayaan HUT PDIP ke-50 ini, Ketum Megawati Soekarnoputri disebut bakal memberikan kejutan yang diumumkan pada hari ini. Menanggapi hal tersebut, Ganjar tak mengetahui bocoran apa yang akan diberikan oleh Megawati.

"Iya saya ke Jakarta besok. Kejutannya apa, ya ndak tahu. Namanya saja kejutan, besok belum tahu kejutannya apa," kata Ganjar, Senin 9 Januari.

Ganjar Pranowo menilai bahwa acara HUT Partai akan menjadi momen untuk refleksi partai selama 50 berdiri di Indonesia.

"Kalau soal itu, itu urusannya DPP, Bu Mega dan Pak Sekjen. Intinya kalau saya, besok itu waktunya refleksi bagi PDIP selama 50 tahun berkiprah itu seperti apa," katanya.

Di sisi lain, Puan Maharani juga sempat mengatakan bahwa dalam HUT PDIP akan diisi dengan beberapa penampilan yakni atraksi terjun payung, Satuan Tugas Cakra Buana, hingga Badan Penanggulangan Bencana (Baguna).

Puan juga meminta maaf karena tak mengundang partai politik lain. Pasalnya acara tersebut adalah acara internal.

“Jadi kami meminta maaf kepada seluruh Ketua Umum partai politik jikalau memang besok tidak berkesempatan hadir karena ini adalah kegiatan internal,” tutur Puan di Hotel Paragon, Jakarta Barat, Senin, 9 Januari.

Itulah informasi terkait pejabat non partai yang hadir di Hut PDIP. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.