Pesan Megawati yang Terus Diingat Ganjar: Jangan Punggungi Rakyat
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyampaikan ucapan selamat hari ulang tahun (HUT) ke-49 kepada Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P).

Dalam kesempatan itu, Ganjar mengingat pesan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri untuk tidak 'memunggungi rakyat'.

"Ketua Umum menyampaikan pesan ke kita menarik, 'kader jangan pernah memunggungi rakyat'. Itu menurut saya pesan yang paling menggelegar," kata Ganjar di kantornya, Senin, 10 Januari.

Pesan itu memiliki arti bahwa seluruh kader PDIP harus turun untuk melayani masyarakat.

"Kita harus menunjukkan kepedulian pada masyarakat di bidang masing-masing. Kalau saya eksekutif, ya di bidang eksekutif. Urusan bagaimana menangani komplain publik, meladeni, merespons satu per satu persoalan rakyat," ucapnya.

Ganjar menjelaskan tidak hadir secara langsung dalam peringatan HUT PDIP kerena acara tersebut digelar secara virtual untuk menghindari keramaian.

"Tadi saya ikut virtual, karena undangannya memang daring. Saya nggak hadir langsung karena undangan ke saya memang daring. Kan enggak boleh rame-rame," pungkasnya.

Meski demikian, Ganjar berkata acara itu menarik karena setiap daerah memunculkan potensi lokal dalam konteks kuliner.

"Acaranya tadi cukup meriah. Kita bicara kuliner, ada lomba dan festivalnya dan itu makanan pendamping bukan makanan pokok. Dan ternyata muncul, bagus dan sangat kreatif. Juaranya Jawa Tengah, ada dari Banyumas dan Jepara. Menurut saya bagus," jelasnya.