Fakta-fakta HUT PDIP ke-50, Megawati Urung Umumkan Nama Capres
Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri saat HUT ke-50 PDIP di JiExpo Kemayoran, Jakarta Selatan, Selasa, 10 Januari. (Tsa Tsia-VOI)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Hari ulang tahun (HUT) ke-50 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan digelar hari ini pada Selasa 10 Januari 2023. Acara akbar partai banteng ini diselenggarakan di Jiexpo Kemayoran, Jakarta. Ada sejumlah fakta HUT PDIP ke-50 yang berkaitan dengan politik dan persiapan Pemilu 2024. Nama nama capres yang dikabarkan akan diumumkan Megawati ternyata urung.

HUT PDIP ke-50 disebut mengundang puluhan ribu orang, baik peserta dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Acara ini menghadirkan seluruh jajaran DPP dan tamu istimewa yakni Presiden Joko Widodo. Selain itu sejumlah menteri juga menghadiri acara akbar PDIP di Jiexpo ini. 

Konsolidasi Partai

HUT PDIP ini menjadi pembuka memasuki tahun politik 2023. Acara ini pun tidak terlepas dari rencana politik dan Pemilu 2024 yang sudah di depan mata. 

Hasto Kristiyanto, Sekretaris Jenderal PDIP, menyampaikan bahwa acara HUT PDIP akan menjadi bagian konsolidasi Partai untuk pemenangan Pemilu 2024. Hasto berharap tahun 2023 sebagai tahun politik dapat meningkatkan semangat gotong royong dan melahirkan pemimpin-pemimpin baru. 

Gelar Makan Bersama 10.000 Masyarakat Jakarta

Dalam HUT PDIP ke-50 digelar acara makan bersama 10.000 ribu orang. Ada 10 titik di DKI Jakarta yang menjadi tempat pelaksanaan acara makan bersama pada Minggu (8/1) lalu. Salah satunya di kawasan Johar Baru, Jakarta Pusat. 

Megawati Urung Umumkan Capres

Megawati Soekarnoputri selaku Ketum PDIP disebut akan menyampaikan pidato. Satu hari sebelum acara, Hasto mengatakan bahwa ibu banteng itu akan mengungkapkan kejutan terkait Pilpres 2024. 

Namun Hasto tak menjelaskan lebih detail mengenai kejutan yang dimaksud. Dia mengatakan bahwa Megawati memang sering memberikan berbagai surprise dalam peringatan HUT Partai dan Rakernas. Megawati semula dikabarkan akan mengumumkan nama capres dari PDIP, namun setelah dinanti kejutan itu tak jadi diumumkan. Hasto mengatakan capres dan cawapres PDIP 2024 akan diumumkan pada momen yang tepat.

Tidak Mengundang Parpol Lain

HUT PDIP ke-50 tidak mengundang parpol lain sebagai tamu. Puan Maharani, DPP PDIP, meminta maaf atas hal ini. Puan mengatakan HUT kali ini digelar khusus untuk internal saja. 

Dihadiri 25 Ribu Orang

Sebelum pelaksanaan acara, Chica Koeswoyo Waketum PDIP DKI Jakarta mengungkapkan acara HUT PDIP akan dihadiri oleh 25 ribu orang. Tamu undangan yang hadir dari dalam negeri dan luar negeri. 

Ketua Seksi Acara HUT PDIP ke-50 tersebut merinci jumlah tersebut sudah termasuk pengisi acara, tamu VIP, dan tamu VVIP. Tamu VVIP yang hadir, yaitu Presiden Jokowi dan Ketum PDIP Megawati.

Mengerahkan Ribuan Polisi

Hasto Sekjen PDIP meminta maaf kepada masyarakat ibukota karena acara HUT ke-50 PDIP menimbulkan kemacetan. Polda Metro Jaya menerjunkan sebanyak 1.109 personel polisi yang disebar ke berbagai titik, seperti ring tiga, hotel yang menjadi tempat penginapan, dan jalur yang dilintasi peserta. 

"Mohon pengertiannya bagi masyarakat apabila selama pelaksanaan perayaan ini terjadi kemacetan lalu lintas di sekitar lokasi," kata Hasto kepada wartawan, Selasa, 10 Januari.

Ganjar ke Mekkah Sebelum Acara

Ganjar Pranowo sedang berada di Mekkah sebelum momen perayaan HUT ke-50 PDIP. Ganjar pergi ke Mekkah dalam rangka berziarah ke makam KH. Maimoen Zubair yang dikenal dengan sapaan Mbah Moen.  

“Alhamdulillah diberi kesempatan menziarahi guru bangsa, tauladan kita semua KH. Maimoen Zubair di pemakaman Ma’la Makkatul Mukarromah. Di sini pula dimakamkan kakek, ibunda, istri, putra, dan para sahabat Rasullullah. Semoga dengan ziarah kita selalu diberi kekuatan untuk meneladani beliau-beliau dalam memperjuangkan kehidupan yang damai dalam beragama dan bernegara,” tulis Ganjar dalam postingan akun Instagramnya. 

Ahok Hadir sebagai Kader PDIP 

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok ikut menghadiri acara HUT ke-50 PDIP yang diselenggarakan di JIExpo Kemayoran. Ahok memakai seragam kader PDIP berwarna merah dan berlogo banteng. 

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut memakai kartu identitas bertuliskan ‘Undangan’. Ahok sampai di lokasi dan bertegur sapa dengan pader PDIP lain. Ia juga sesekali diajak foto oleh rekan-rekannya di partai merah ini. 

Demikianlah sejumlah fakta HUT PDIP ke-50 yang digelar di awal tahun 2023 dan mendekati Pemilu 2024. Banyak kader partai maupun publik yang menunggu kejutan baru yang akan disampaikan oleh Ketum PDIP.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.