KIB Bakal Kedatangan Parpol Anggota Baru, Tapi Masih Dirahasiakan Airlangga
Ketum Golkar Airlangga Hartarto/FOTO via Instagram @airlanggahartarto_official

Bagikan:

JAKARTA - Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) disebut-sebut bakal kedatangan anggota baru. Artinya, Partai Golkar, PAN dan PPP akan memperbesar kekuatannya menyongsong Pemilu 2024. 

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan, pihaknya bersama PAN dan PPP masih terus membuka komunikasi dengan partai politik lain untuk penambahan anggota di KIB. Namun, Airlangga tidak mau membeberkan partai mana yang akan bergabung ke KIB.

“Jadi, beberapa partai masih membuka pembicaraan nanti tentu saat sudah matang nanti disampaikan,” ujar Airlangga di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis, 20 Oktober.

Saat disinggung apakah partai yang akan digaet adalah PDIP, Menko Perekonomian itu menegaskan akan menyampaikan saat waktunya tiba.  

“Ya, nanti pada saat matang kita sampaikan,” katanya lagi. 

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Golkar Lodewijk F Paulus mengungkapkan, calon anggota baru Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan hadir pada puncak peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-58 Partai Golkar di Kemayoran, Jakarta, Jumat, 21 Oktober, besok.

Menurut Lodewijk, calon anggota baru KIB tersebut merupakan partai parlemen dan non-parlemen.

“Ada yang parlemen, ada yang non-parlemen,” ujar Lodewijk di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Rabu, 19 Oktober, sore.

Namun, Lodewijk tak membeberkan partai apa yang akan menambah kekuatan KIB itu. Dia hanya menegaskan calon anggota baru KIB tersebut dipastikan akan diundang di HUT Golkar. 

“Yang jelas kita undang partai-partai itu, lihat saja siapa besok yang hadir biar wartawan yang ngambil kesimpulan lah,” kata Lodewijk.